MAKALAH ETIKA BISNIS : ETIKA PRODUKSI DAN PEMASARAN (2022)


KATA PENGANTAR

Puji syukur kamipanjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayahnya, sehinggadapat menyelesaikan tugas makalah “Etika Bisnis” yang berjudul “Etika Produksidan Pemasaran” dan menjadi salah satu tugas dari mata kuliah Etika Bisnis inidengan baik dan lancar.

Penyusunan makalahtidak terlepas dari bantuan dan dukungan dari berbagai pihak, oleh sebabitu dengan segala ketulusan dan kerendahan hati kami ingin mengucapkan terimakasih.

Sebagai penyusunmakalah ini kami menyadari sepenuhnya bahwa dalam penulisan makalah ini masihjauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yangbersifat membangun demi kesempurnaan di masa yang akan datang. Akhir kata,semoga makalah ini bermanfaat bagi pembaca pada umumnya sebagai referensitambahan di bidang Etika Bisnis.

Penyusun

DAFTARISI

KATAPENGANTAR………………………………………………………………… 1

DAFTARISI………………………………………………………………………….. 2

BAB.I. PENDAHULUAN

1.1 LatarBelakang…………………………………………………………… 3

1.2 Rumusan Masalah……………………………………………………….... 3

1.3 TujuanMakalah…………………………………………………………… 4

BAB.II.PEMBAHASAN

2.1Pengertian Etika Produksi..…………………………………………….. 5

2.2 Pentingnya Etika Produksi………..…………………………………….... 5

2.3 Pandangan Kontrak KewajibanProdusen Terhadap Konsumen………….. 6

2.4 Pengertian Etika Pemasaran…………………………………………..…... 8

2.5 Ruang Lingkup EtikaPemasaran………………………………………….. 8

2.6 Langkah-langkah Menerapkan EtikaPemasaran………………………….. 8

2.7 Hal-hal Yang Tidak Sesuai DenganEtika Pemasaran…………………….. 10

BAB.III. PENUTUP

3.1Kesimpulan……………………………………………………………….. 11

DAFTARPUSTAKA…………………………………………………………………. 12

(Video) Makalah etika wirausaha - kasus etika produksi pemasaran dan lingkungan hidup -

BAB I

PENDAHULUAN

1.1LATAR BELAKANG

Etika adalah seperangkatprinsip-prinsip dan nilai-nilai yang menegaskan tentang benar dan salah.Sedangkan produksi adalah suatu kegiatan menambah nilai guna barang denganmenggunakan sumberdaya yang ada

EtikaProduksi adalah seperangkat prinsip-prinsip dan nilai-nilai yang menegaskantentang benar dan salahnya hal hal yang dikukan dalam proses produksi atau dalamproses penambahan nilai guna barang.

Etikapemasaran berkaitan dengan prinsip-prinsip moral di balik operasi dan regulasipemasaran. Tanggung jawab sosial Seorang manajer pemasaran meliputipengembangan program pemasaran dan meningkatkan kesadaran dan penerimaanide-ide dan praktek-praktek sosial.

1.2 RUMUSANMASALAH

Pengertian EtikaProduksi?

Pentingnya EtikaProduksi?

Pandangan kontrakkewajiban produsen kepada konsumen?

Pengertian EtikaPemasaran?

Ruang Lingkup EtikaPemasaran?

Hal-hal yang wajib diperhatikandalam etika pemasaran?

1.3 TUJUANMAKALAH

Adapuntujuan dari penyusunan makalah dengan judul “Etika Produksi dan Pemasaran”adalah sebagai berikut :

1. Memenuhisalah satu tugas mata kuliah EtikaBisnis.

2. Melatihmahasiswa untuk lebih aktif dalam pencarian bahan-bahan materi untuk matakuliah Etika Bisnis.

3. Menambahwawasan dan pengetahuantentang Etika Bisnis dalam hal Etika Produksi dan Pemasaran.

4. Memahamisecara utuh tentang Etika Produksi dan Pemasaran.

BAB II

PEMBAHASAN

2.1PENGERTIANETIKA PRODUKSI

Etikaadalah seperangkat prinsip-prinsip dan nilai-nilai yang menegaskan tentangbenar dan salah. Sedangkan produksi adalah suatu kegiatan menambah nilai gunabarang dengan menggunakan sumberdaya yang ada

(Video) Kelompok 3 : ETIKA PERILAKU BISNIS 1

Jadi, Etika Produksi adalah seperangkatprinsip-prinsip dan nilai-nilai yang menegaskan tentang benar dan salahnya halhal yang dikukan dalam proses produksi atau dalam proses penambahan nilai gunabarang.

Tujuan Produksi antara lain :

1. Memperbanyak jumlah barang dan jasa

2. Menghasilkan barang dan jasa yang berkualitas tinggi

3. Memenuhi kebutuhan sesuai denganperadaban

4. Menggantibarang-barang yang rusak atau habis

5. Memenuhipasar dalam negeri untuk perusahaan dan rumah tangga

6. Memenuhipasar internasional

7. Meningkatkankemakmuran

2.2 PENTINGNYA ETIKA PRODUKSI

Dalam proses produksi, subuah produsen padahakikatnya tentu akan selalu berusaha untuk menekan biaya produksi dan berusahauntuk mendapatkan laba sebanyak banyaknya. Dalam upaya produsen untukmemperoleh keuntungan, pasti mereka akan melakukan banyak hal untukmemperolehnya. Termasuk mereka bisa melakukan hal hal yang mengancamkeselamataan konsumen. Padahal konsumen dan produsen bekerjasama. Tanpakonsumen, produsen tidak akan berdaya. Seharunyalah produsen memeberi perhatiandan menjaga konsumen sebagai tanda terima kasih telah membeli barang ataumenggunakan jasa yang mereka tawarkan. Namun banyak produsen yang tidakmenjalankan hal ini. Produsen lebih mementingkan laba. Seperti banyaknya kasuskasus yang akhirnya mengancam keselamatan konsumen karena dalam memproduksi,produsen tidak memperhatikan hal hal buruk yang mungkin terjadi pada konsumen.Bahkan, konsumen ditipu, konsumen ditawarkan hal-hal yang mereka butuhkan, tapipada kenyataannya, mereka tidak mendapat apa yang mereka butuhkan mereka tidakmemperoleh sesuai dengan apa yang ditawarkan.

2.3 PANDANGAN KONTRAK KEWAJIBAN PRODUSEN TERHADAPKONSUMEN

Hubunganantara perusahaan dengan konsumen pada dasarnya merupakan hubungan kontraktual,dan kewajiban moral perusahaan pada konsumen adalah seperti yang diberikandalam hubungan kontraktual.

Jadi,perusahaan berkewajiban untuk memberikan produk sesuai dengan karakteristikyang dimaksud dan konsumen memiliki hak korelatif untuk memperoleh produkdengan karateristik yang dimaksud.

a. Kewajibanuntuk Mematuhi

Kewajiban untuk memberikan suatu produk dengankarakteristik persis seperti yang dinyatakan perusahaan, yang mendorongkonsumen untuk membuat kontrak dengan sukarela dan yang membentuk pemahamankonsumen tentang apa yang disetujui akan dibelinya.

Jadi, pihakpenjual berkewajiban memenuhi klaim yang dibuatnya tentang produk yang dijual.Tidak seperti Wintherop Laboratories memasarkan produk penghilang rasa sakityang oleh perusahaannya diklaim sebagai obat nonaddictive (tidak menyebabkanketergantungan). Selanjutnya seorang pasien yang menggunakan produk tersebutmenjadi ketergantungan dan akhirnya meninggal karena over dosis.

b.Kewajiban untuk Mengungkapkan

Penjualyang akan membuat perjanjian dengan konsumen untuk mengungkapkan dengan tepatapa yang akan dibeli konsumen dan apa saja syarat penjualannya. Ini berartibahwa penjual berkewajiban memberikan semua fakta pada konsumen tentang produktersebut yag dianggap berpengaruh kepada keputusan konsumen untuk membeli.

Contoh, jika pada sebuah produk yang dibelikonsumen terdapat cacat yang berbahaya atau beresiko terhadap kesehatan dankeamanan konsumen, maka harus diberitahu.

c.Kewajiban untuk Tidak Memberikan Gambaranyang Salah

Penjual harus menggambarkan produk yang iatawarkan dengan benar, ia harus membangun pemahaman yang sama tentang barangyang ia tawarkan di piiran konsumen sebagaimana barang tersebut adanya. Jangansampai terjadi Misrepresentasi bersifat koersif , yaitu, seseorang yang dengansengaja memberikan penjelasan yang salah pada orang lain agar orang tersebutmelakukan sesuatu seperti yang diinginkannya, bukan seperti yang diinginkanorang itu sendiri apabila dia mengetahui yang sebenarnya.

Contoh: pembuat perangkat lunak atau perangkatkeras computer memasarkan produk yang mengandung ‘bug’ atau cacat tanpamemberitahu tentang fakta tersebut.

(Video) Etika Pemasaran - Teori Etika Modern dan Bisnis Bagian II

d.Kewajiban untuk Tidak Memaksa

Penjual berkewajiban untuk tidak memanfaatkankeadaan emosional yang mungkin mendorong pembeli untuk bertindak secarairasional dan bertentangan dengan kepentingannya, tidak memanfaatkanketidaktahuan, ketidakdewasaan, kebodohan, atau faktor lain yang mengurangiatau menghapuskan kemampuan pembeli untuk menetapkan pilihan secara bebas.

Terdapat3 hal penting yang harus dimiliki oleh perusahaan dalam berbisnis:

(1) Transparansi

Masyarakatingin mengetahui tentang operasi perusahaan. Posisi etis dari perusahaan harusjelas bagi para pembeli agar mereka dapat menilai. Hal ini biasanya bisadilakukan pada perusahaan yang sudah menjadi perusahaan publik.

(2) Kejujuran

Ketidakjujuranadalah aspek kritis terbesar dalam etika bisnis. Pemberian label yang salahatau tidak lengkap, harga yang membingungkan dapat merugikan konsumen.Kejujuran ini juga meliputi perilaku perusahaan, staf dan personil lainnya yangberkaitan dengannya.

(3) KerendahanHati

Perusahaanharus mencegah untuk menggunakan kekuatan atau uangnya untuk mengamankanposisinya.

2.4 PENGERTIAN ETIKA PEMASARAN

Etikapemasaran berkaitan dengan prinsip-prinsip moral di balik operasi dan regulasipemasaran. Tanggung jawab sosial Seorang manajer pemasaran meliputipengembangan program pemasaran dan meningkatkan kesadaran dan penerimaanide-ide dan praktek-praktek sosial.

2.5 RUANG LINGKUP ETIKA PEMASARAN

Adatiga hal yang menyangkut dalam ruang lingkup etika pemasaran, antara lain:

1.Manajer pemasaran harus menerimatanggung jawab atas konsekuensi dari tindakan mereka.

2.Manajer pemasaran harus menahan diridari sengaja merugikan; mematuhi semua undang-undang dan peraturan yangrelevan; dan akurat mewakili diri mereka sendiri, perusahaan mereka, dan merekmereka.

3.Manajer pemasaran harus melakukan segalaupaya untuk memastikan bahwa pilihan dan tindakan mereka melayani kepentinganterbaik dari semua pelanggan, organisasi, dan masyarakat terkait.

2.6 LANGKAH – LANGKAH MENERAPKAN ETIKA PEMASARAN

Etikapelaksanaan sepanjang tiga tahapanproses perencanaan memungkinkan perusahaan untuk menentukan karakter dan citrapublik. Sebuah rencana pemasaran adalah cetak biru yang komprehensif yangmenguraikan upaya pemasaran secara keseluruhan organisasi. proses pemasarandapat diwujudkan dengan menerapkan bauran pemasaran, dan derajat keberhasilan(berdasarkan langkah-langkah tertentu) dapat menunjukkan bagaimana mengontroliterasi masa depan rencana pemasaran.

1.MempromosikanEtika dalam Tahap Perencanaan

Sumberutama dari konteks untuk rencana pemasaran adalah tujuan dan misi perusahaan.Misi perusahaan dapat dianggap sebagai definisi apa organisasi ini atau apayang dilakukannya. Definisi ini tidak boleh terlalu sempit, atau akanmenyempitkan perkembangan organisasi. Di sisi lain, seharusnya tidak terlalulebar atau akan menjadi tidak berarti; “Kami ingin membuat keuntungan” terlaluumum untuk membantu dalam mengembangkan rencana spesifik.

Untukmemasukkan etika ke dalam tahap perencanaan, misi perusahaan harusdidefinisikan dalam hal melayani pelanggan dan memenuhi kebutuhan merekadaripada tujuan perusahaan-sentris seperti membuat uang paling banyak.

Mungkin faktor yang paling pentingdalam mempromosikan etika selama fase perencanaan mendefinisikan “visiperusahaan.” Sebagai contoh, semua kegiatan pemasaran IBM yang didukung olehfilosofi “layanan pelanggan.” Yang jelas, visi didefinisikan dapat memandusemua tingkat staf dalam tindakan mereka dan pada gilirannya menyediakanpelanggan dengan pengalaman yang seragam.

2.Mempromosikan Etika dalam Tahap Implementasi

(Video) Pelajaran Etika Profesional NAF 1: Mr. Lewis: Komunikasi & Teknologi Bisnis

Tahap implementasimelibatkan menempatkan strategi pemasaran dalam tindakan dengan menggunakanbauran pemasaran (Harga, Promosi, Produk, dan Place). Setiap perusahaan akanmendasarkan rencananya pada kebutuhan rinci pelanggan dan strategi yang dipilihuntuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dari segi harga, praktik yang tidak etisdapat mencakup persekongkolan tender atau predatory pricing. Ini adalah tanggungjawab perusahaan untuk terlibat dalam penentuan harga pasar wajar untukmemungkinkan pelanggan untuk mendapatkan produk terbaik yang tersedia.

Perusahaan juga harusmenggunakan metode promosi yang menghindari iklan negatif dan mempromosikankebenaran dan kejujuran tentang suatu produk. Sebagai contoh, DishTV danDirecTV keduanya terlibat dalam iklan negatif dengan menyoroti kelemahankompetisi mereka pada faktor-faktor seperti jumlah saluran, bukan hanyamenyoroti keuntungan mereka sendiri.

Ketika memutuskan pada penempatanproduk, perusahaan harus memastikan bahwa produk yang ditawarkan kepada semuapelanggan dengan kebutuhan untuk itu, terlepas dari karakteristik demografimereka. Menempatkan produk dengan pengecualian pasar tidak etis berdasarkankualitas seperti etnis dapat berdampak negatif terhadap perusahaan.

3.MempromosikanEtika dalam Tahap Kontrol

Tahap akhir dari prosesperencanaan pemasaran adalah untuk menetapkan target untuk memantau kemajuan.Tahap pengendalian perencanaan pemasaran melibatkan mengukur keberhasilanrencana melalui analisis tindakan kuantitatif seperti penjualan, pangsa pasar,dan biaya. Dengan demikian, penting untuk memasukkan kedua jumlah dan rentangwaktu ke tujuan pemasaran (misalnya, untuk menangkap 20 persen nilai pasardalam waktu dua tahun) dan ke dalam strategi yang sesuai.

Salah satu metode untukmempromosikan perilaku etis dalam tahap kontrol adalah untuk berhati-hatiterhadap invasi privasi sementara mendapatkan data. Pemasar harus menghormatihak-hak pelanggan mereka untuk anonimitas atau bahkan untuk tidakberpartisipasi. Perilaku lain yang tidak etis untuk melihat keluar untuk dikontrol fase membuat penilaian stereotip cepat pada kelompok besar hanyadidasarkan pada beberapa pelanggan. Etis melakukan penelitian pasca-pelaksanaanakan memungkinkan perusahaan untuk mengontrol eksekusi masa depan strategipemasaran.

2.7 HAL-HAL TIDAK SESUAI DENGAN ETIKA PEMASARAN

1.Menutupi kelemahan produk

2.Melebih-lebihkan kemampuan produk

3.Memanipulasi perasaan konsumen

4.Tidak menyampaikan informasi denganbenar

5.Mengecoh konsumen dengan meniru fiturproduk lain

BAB III

KESIMPULAN

Etika adalah seperangkat prinsip-prinsipdan nilai-nilai yang menegaskan tentang benar dan salah. Sedangkan produksiadalah suatu kegiatan menambah nilai guna barang dengan menggunakan sumberdayayang ada

Etika Produksi adalahseperangkat prinsip-prinsip dan nilai-nilai yang menegaskan tentang benar dansalahnya hal hal yang dikukan dalam proses produksi atau dalam prosespenambahan nilai guna barang.

Etikapemasaran berkaitan dengan prinsip-prinsip moral di balik operasi dan regulasipemasaran. Tanggung jawab sosial Seorang manajer pemasaran meliputipengembangan program pemasaran dan meningkatkan kesadaran dan penerimaanide-ide dan praktek-praktek sosial.

Dapat ditarik garis besar daripengertian Etika Produksi dan Etika Pemasaran, bahwa semua hal baik dalamproduksi dan pemasaran memiliki aturan yang jelas dan tidak boleh menyalahiaturan. Sebab segala sesuatu di negara ini telah diatur oleh undang-undang yangditetapkan oleh pemerintah dan perusahaan itu sendiri.

DAFTARPUSTAKA

http://www.wikipedia.com

(Video) Presentasi Kelompok 4 - ETIKA PRODUKSI DAN LINGKUNGAN HIDUP | ETIKA BISNIS

FAQs

Sebutkan apa saja etika profesi akuntansi? ›

Berikut ini adalah beberapa kode etik yang harus dipatuhi dan dimiliki oleh seorang akuntan publik profesional.
  • Integritas. Integritas merupakan elemen fundamental dari profesi akuntansi. ...
  • 2. Objektif. ...
  • Kompeten. ...
  • 4. Independen. ...
  • Kerahasiaan.
7 Mar 2022

Jelaskan apa yang dimaksud dengan kode etik profesi? ›

Kode Etik profesi merupakan suatu tatanan etika yang telah disepakati oleh suatu kelompok masyarakat tertentu. Kode etik umumnya termasuk dalam norma sosial, namun bila ada kode etik yang memiliki sangsi yang agak berat, maka masuk dalam kategori norma hukum.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan Kode Etik Akuntan Indonesia? ›

Kode Etik Akuntan Indonesia (KEAI) merupakan adopsi penuh atas Handbook of International Code of Ethics for Professional Accountants yang diterbitkan oleh International Ethics Standard Board for Accountants (IESBA) dari International Federation of Accountants (IFAC).

Jelaskan apa itu Kompetensi dalam prinsip Akuntan Indonesia? ›

Kompetensi yaitu Mencapai dan mempertahankan pengetahuan dan keahlian profesional pada level yang disyaratkan untuk memastikan bahwa klien atau organisasi tempatnya bekerja memperoleh jasa profesional yang kompeten, berdasarkan standar profesional dan standar teknis terkini serta ketentuan peraturan perundang-undangan ...

Mengapa kode etik sangat penting bagi akuntan dan pelaku bisnis? ›

Mengapa akuntan harus mematuhi kode etik sebagai seorang profesional? Sama halnya dengan hukum, kode etik membantu akuntan untuk bekerja secara profesional. Mengingat profesi akuntan rawan skandal, kode sangat dibutuhkan. Dengan begitu, akuntan bisa bekerja dengan baik dan sesuai koridor.

Apa faktor yang mempengaruhi pelanggaran kode etik? ›

1.1 Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pelanggaran Etika : 1. Kebutuhan Individu 2. Tidak Ada Pedoman 3. Perilaku dan Kebiasaan Individu Yang Terakumulasi dan Tak Dikoreksi 4. Lingkungan Yang Tidak Etis 5. Perilaku Dari Komunitas 1.2 Sanksi Pelanggaran Etika : 1. Sanksi Sosial Skala relatif kecil, dipahami sebagai ...

Bagaimana cara menanamkan etika dalam setiap profesi? ›

Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini.
  1. Saling Menghargai dan Memberi Rasa Hormat. ...
  2. 2. Berkomunikasi secara Terbuka. ...
  3. 3. Saling Memberikan Contoh yang Baik. ...
  4. 4. Saling Memberikan Kepercayaan. ...
  5. Memberikan Pelatihan Berkualitas kepada Para Karyawan.

Apakah setiap perusahaan perlu adanya kode etik? ›

Dalam menjalankan sebuah bisnis tentunya setiap perusahaan wajib memiliki pedoman berupa kode etik perusahaan, untuk tetap menjaga dalam hal sistem nilai, etika kerja, etika bisnis serta norma-norma kepatuhan terhadap kebijakan dan ketentuan dalam perusahaan.

Bagaimana penerapan etika yang baik dalam kehidupan sehari hari? ›

Penerapan nilai-nilai etika dalam kehidupan sehari-hari :

Etika ketika dengan orang yang lebih tua : hormat, sopan dan santun, tidak bersikap melawan atau menentang ketika ada perselisihan. Etika kepada orang yang berbeda agama : saling menghormati dan toleransi. Etika dalam berpakaian : sopan, sesuaikan dengan tempat.

Apa yang harus dilakukan oleh seorang akuntan profesional untuk mencegah munculnya jurang kredibilitas dan jurang harapan? ›

Sebagai akuntan professional, hal yang dapat dilakukan untuk mencegahterjadinya jurang harapan dan jurang kredibilitas adalah dengan cara memperluas kode etikperusahaan dan meningkatkan pelaporan perusahaan.

Apa yang harus dilakukan oleh lembaga akuntan agar tidak terjadi pelanggaran oleh anggotanya? ›

10 Tips Untuk Menghidari Fraud Laporan Keuangan
  1. Menggunakan Software Yang Accountable. ...
  2. Memperketat Pelaksanaan SOP. ...
  3. Melakukan Proses Rekrutmen Karyawan Secara Cermat. ...
  4. Menyediakan Sistem Pengendalian Internal. ...
  5. Menjalankan Proses Komunikasi Akuntansi Yang Baik. ...
  6. 6. Memiliki Standar Prosedur Pengendalian Internal.
12 Nov 2020

Mengapa menjadi suatu faktor penting bagi klien agar akuntan profesional selalu berperilaku etis? ›

Jawaban : Etika profesi sangatlah penting bagi seorang akuntan professional, karena etika profesimemberikan aturan bagaimana mereka menggunakan pengetahuannya dalam memberikanlayanan kepada klien secara professional.

Mengapa seorang akuntan yang bekerja sebagai akuntan harus dapat menjaga kerahasiaan dan memiliki tanggung jawab profesi? ›

Seorang akuntan harus memiliki integritas karena pekerjaan seorang akuntan rawan dengan bujukan dan dorongan dari pihak internal maupun eksternal untuk memanipulasi data laporan keuangan. Sedangkan di sisi lain seorang akuntan harus menyajikan laporan keuangan sesuai dengan kenyataan yang ada.

Sanksi apa saja yang diberikan oleh akuntan yang melanggar kode etik oleh seorang akuntan? ›

Sementara sanksi administratif yang dapat diberikan kepada akuntan publik adalah sebagai berikut: teguran tertulis atau peringatan tertulis; denda; pembekuan pendaftaran; atau pembatalan pendaftaran.

Apa yang terjadi jika seorang akuntan tidak mengikuti kode etik? ›

Bagi seseorang dengan profesi akuntan, hal yang akan terjadi ketika ia tidak bisa memenuhi kode etik profesinya adalah hilangnya kepercayaan masyarakat terhadap akuntan.

Jelaskan dampak jika tidak diterapkannya etika profesi apa yang akan terjadi? ›

Dampak yang timbul jika tidak diciptakannya kode etik profesi Terjadinya penyalahgunaan profesi Kemungkinan mengabaikan tanggung jawab dari profesi nya karna tidak ada pedoman dalam suatu organisasi Memungkinkan setiap individu untuk mendahului kepentingan pribadinya contohnya para pejabat yang korupsi Jika tidak ada ...

Hal apa yang mendorong seorang auditor menerapkan aturan etika profesional dalam menjalankan pekerjaannya? ›

Etika profesi auditor diperlukan dalam pekerjaan auditor karena posisi profesi auditor adalah sebagai orang yang diberi kepercayaan yang bisa saja menghadapi benturan kepentingan antara klien maupun dengan yang lain.

Siapakah pihak yang mengawasi pelaksanaan kode etik akuntan publik? ›

Untuk mengawasi akuntan publik, khususnya kode etik, Departemen Keuangan (Depkeu) mempunyai aturan sendiri yakni Peraturan Menteri Keuangan (PMK) no. 17 tahun 2008.

Apa yang terjadi jika perusahaan tidak menerapkan etika bisnis? ›

Tanpa etika dalam berbisnis, persaingan antar perusahaan dapat menjadi tidak sehat, konsumen menderita, terjadi pencemaran lingkungan atau menimbulkan praktek monopoli perdagangan.

Mengapa di lingkungan masyarakat sering terjadinya pelanggaran etika? ›

Penyebab yang menimbulkan masyarakat melakukan pelanggaran etika adalah kurangnya sanksi yang tegas, kesadaran masyarakat yang belum terbentuk, dan lingkungan tidak etis. Orang yang melakukan pelanggaran etika belum tentu melanggar hukum tetapi orang yang melanggar hukum pasti melanggar etika.

Prinsip kode etik apa saja jelaskan? ›

Empat hal yang merupakan prinsip-prinsip etika profesi adalah otonomi, integritas moral, keadilan, dan tanggung jawab.

Sebutkan apa saja etika profesi? ›

Dilansir dari Maxmanroe, ada 4 prinsip etika profesi, yaitu:
  • Prinsip tanggung jawab. ...
  • Prinsip keadilan. ...
  • 3. Prinsip otonomi. ...
  • Prinsip integritas moral. ...
  • Memastikan profesionalisme. ...
  • Meningkatkan tanggung jawab. ...
  • 3. Sistem kerja yang tertib. ...
  • Meningkatkan produktivitas dan efektivitas kerja.
23 May 2022

Apa saja etika profesi auditor? ›

Etika profesi auditor memiliki 5 prinsip yaitu:
  • Integritas. Seorang auditor harus bersikap jujur, adil, dan sebenar-benarnya dalam melakukan proses audit. ...
  • 2. Objektivitas. ...
  • Kompetensi Profesional dan Kecermatan. ...
  • 4. Kerahasiaan. ...
  • Perilaku Profesional.

Apa saja prinsip prinsip dalam etika profesi? ›

Empat hal yang merupakan prinsip-prinsip etika profesi adalah otonomi, integritas moral, keadilan, dan tanggung jawab.

Apa saja skill akuntan? ›

Hard Skill di Bidang Keuangan
  1. Akuntansi. Bekerja di bidang keuangan tidak akan jauh-jauh dari pengetahuan dan pemahaman yang kuat tentang peraturan akuntansi. ...
  2. Pemahaman akan teknologi. ...
  3. 3. Analisis risiko. ...
  4. Memahami standar GAAP dan IFRS. ...
  5. Menghitung return on investment (ROI)
14 May 2022

Mengapa etika sangat diperlukan dalam sebuah organisasi? ›

Etika memberikan prinsip yang kokoh dalam berperilaku sehingga kehidupan dalam organisasi semakin bermakna. Setiap bentuk kerja sama didasarkan pada kesepakatan yang dicapai bersama.

Bagaimana cara menanamkan etika dalam setiap profesi? ›

Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini.
  1. Saling Menghargai dan Memberi Rasa Hormat. ...
  2. 2. Berkomunikasi secara Terbuka. ...
  3. 3. Saling Memberikan Contoh yang Baik. ...
  4. 4. Saling Memberikan Kepercayaan. ...
  5. Memberikan Pelatihan Berkualitas kepada Para Karyawan.

Mengapa kita perlu memiliki kode etik? ›

Adapun tujuan kode etik penilai dibuat adalah agar penilai bersikap profesional dalam memberikan jasa sebaik-baiknya kepada pemakai jasa atau stakeholder-nya. Hal lain adalah, dengan adanya kode etik akan melindungi penilai dari perbuatan yang tidak profesional.

Bagaimana cara auditor melindungi diri dari tuntutan hukum yang mungkin timbul? ›

Beberapa hal yang bisa dilakukan akuntan publik untuk menghindari tuntutan hukumantara lain :1. Jangan sembarang menerima klien, pilih klien yang memiliki integritas.2.Pilih audit staf yangqualifieddan memiliki integritas.3.Pertahankan independensi (in fact, in appearance,danin mind).

Upaya apa yang dapat dilakukan untuk menegakkan kode etik? ›

Upaya-upaya yang telah dilakukan informan dalam penegakan kode etik antara lain adalah (1) Meningkatkan religiusitas; (2) Meningkatkan kompetensi dengan mengikuti pelatihan; (3) Membangun keteladanan (bagi pemimpin KAP); (4) Mendesain sistem; (5) Menciptakan kultur etis.

Sanksi apa saja yang diberikan oleh akuntan yang melanggar kode etik oleh seorang akuntan? ›

Sementara sanksi administratif yang dapat diberikan kepada akuntan publik adalah sebagai berikut: teguran tertulis atau peringatan tertulis; denda; pembekuan pendaftaran; atau pembatalan pendaftaran.

Mengapa seseorang harus mengedepankan etika profesional yang baik? ›

Etika ini sangat penting karena berfungsi untuk melindungi orang yang memiliki profesi agar tetap berada di jalur yang benar dan senantiasa bisa menjadi profesional.

Apa yang terjadi jika seseorang tidak memiliki etika profesi? ›

Jika seseorang tidak memiliki etika profesi. Maka: Orang tersebut tidak akan diterima kerja. Dinilai jelek karena tidak memiliki sikap yang baik.

Bagaimana penerapan etika yang baik dalam kehidupan sehari hari? ›

Penerapan nilai-nilai etika dalam kehidupan sehari-hari :

Etika ketika dengan orang yang lebih tua : hormat, sopan dan santun, tidak bersikap melawan atau menentang ketika ada perselisihan. Etika kepada orang yang berbeda agama : saling menghormati dan toleransi. Etika dalam berpakaian : sopan, sesuaikan dengan tempat.

Jelaskan siapa saja publik yang dimaksud serta kepentingannya terhadap profesi akuntan? ›

Kepentingan Publik

Arti publik dari profesi akuntan meliputi klien, pemerintah, pemberi kredit dan pegawai. Investor, dunia bisnis dan pihak-pihak yang bergantung kepada integritas dan objektivitas akuntan dalam memelihara berjalannya fungsi bisnis dengan tertib.

Menurutmu apa yang jadi tantangan terbesar akuntan saat ini? ›

Ada beberapa tantangan profesi akuntan antara lain, penggunaan aplikasi mobile bagi perusahaan, sehingga pemilik dan pimpinan perusahaan bisa mengakses data akuntansi atau bisnisnya dari telepon genggam, tablet atau smartphone; Adapun mengelola data korporasi berbasis internet; Serta pengukuran, penilaian biaya dan ...

Mengapa seorang akuntan harus memiliki kecermatan? ›

Seorang akuntan harus memiliki kecermatan, karena sangat diperlukan untuk memberikan informasi keuangan yang valid dan terpercaya. Selain itu, cermatnya seorang akuntan akan membuat laporan keuangan yang disajikan terhindar dari salah saji karena nilai-nilai yang dilampirkan riil apa adanya.

Videos

1. Kewirausahaan _ Etika Bisnis
(Program Studi Manajemen Universitas Harapan Bangsa)
2. KULIAH MANAJEMEN ''ETIKA BISNIS"
(Daspar SE.,MM)
3. Tugas Staff Administrasi di 2019 (Job Hacks #13)
(Glints Indonesia)
4. Business Ethics - Etika Bisnis Dalam Periklanan
(Andi Leo)
5. Etika Bisnis
(Putri Rahmadani)
6. Etika Dalam Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen - Etika Bisnis dan Profesi.
(Rizkiadinda CCP)

Top Articles

Latest Posts

Article information

Author: Edwin Metz

Last Updated: 11/26/2022

Views: 6378

Rating: 4.8 / 5 (78 voted)

Reviews: 85% of readers found this page helpful

Author information

Name: Edwin Metz

Birthday: 1997-04-16

Address: 51593 Leanne Light, Kuphalmouth, DE 50012-5183

Phone: +639107620957

Job: Corporate Banking Technician

Hobby: Reading, scrapbook, role-playing games, Fishing, Fishing, Scuba diving, Beekeeping

Introduction: My name is Edwin Metz, I am a fair, energetic, helpful, brave, outstanding, nice, helpful person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.