ISU-ISU SOSIAL DAN ETIKA YANG DITIMBULKAN OLEH SISTEM INFORMASI (2023)

1. ISU-ISU SOSIAL DAN ETIKA SISTEM INFORMASI

Etika mengacu pada prinsip-prinsip benar atau salah mengenai apa yang dilakukan seorang individu sebagai makhluk moral yang bebas, yang digunakan untuk membimbing perilakunya. Sistem informasi mempertanyakan pertanyaan etika yang baru, baik secara individu maupun bermasyarakat karena menciptakan peluang dalam melakukan perubahan sosial yang mendalam dan sekaligus mengancam eksistensi distribusi keuasaan,uang, han, dan kewajiban.

Isu etika, sosial, dan politis sangat terkait satu sama lainnya. Dilema etika yang dihadapi oleh seorang manajer sistem informasi biasanya timbul dalam perdebatan sosial dan politik, pengenalan teknologi informasi yang baru memiliki dampak yang seperti gelombang, menimbulkan isu etika, sosial, dan politis baru yang harus ditangani di tingkat individu, sosial dan politis. Isu ini memiliki lima dimensi moral yaitu hak dan kewajiban informasi, hak dan kewajiban kepemilikan, kualitas sistem, kualitas hidup, akuntabilitas dan pengendalian.

5 Dimensi moral di era informasi

Isu etika, sosial, dan politik yang diangkat oleh sistem informasi, tercakup dalam 5 dimensi moral sebagai berikut :

  1. Hak dan kewajiban informasi. Hak informasi (information right) apa yang dimiliki individu dan organisasi? Apa yang dapat dilindungi hak tersebut? Apakah kewajiban individu dan organisasi yang berkaitan dengan informasi ini?
  2. Kepemilikan hak dan kewajiban. Bagaimana hak kekayaan intelektual pribadi tradisional dilindungi dalam sebuah masyarakat digital dimana melacak dan menghitung hak kepemilikan sulit dilakukan dan mengabaikan hak-hak pribadi menjadi sangat mudah?
  3. Akuntanbilitas dan pengendalian. Siapa yang dapat dan akan dituntut akuntabilitas dan tanggung jawabnya atas bahaya-bahaya yang terjadi dari informasi individu dan kolektif serta hak-hak pribadi.
  4. Kualitas sistem. Standar kualitas sistem dan data apakah yang harus dipenuhi untuk melindungi hak pribadi dan keamanan masyarakat?
  5. Kualitas hidup. Nilai apa yang harus dilindungi dalam sebuah masyarakat yang didasarkan pengetahuan teknologi? Institusi mana yang harus dilindungi dari kejahatan? Nilai dan praktik budaya mana yang harus didukung oleh teknologi informasi yang baru?

Tren utama teknologi yang meningkatkan isu etika.
Isu etika telah mendahului teknologi informasi sejak lama. Namum, teknologi informasi telah meningkatkan perhatian tentang isu etika, menganggu kehidupan sosial yang ada.

(Video) Isu Etika dan Sosial dalam Sistem Informasi || Punang Amaripuja

Isu-isu sosial mengenai kebebasan pribadi menaruh perhatian pada perkembangan “pengharapan kebebasan pribadi” atau norma-norma kebebasan pribadi, dan sikap punlik. Dalam wilayah kehidupan apa kita, sebagai masyarakat, harus mendorong orang-orang untuk berfikir bahwa mereka ada pada “wilayah pribadi” sebagai lawan dari sudut pandang public? Misalnya, haruskah kita sebagai seorang anggota masyarakat mendukung orang-orang untuk mengembangkan pengharapan kebebasan pribadi sewaktu menggunakan e-mail, telepon seluler, bulletin board, system posral, tempat kerja, atau jalan raya? Haruskah pengharapan-pengharapan kebebasan pribadi meluas sampai menimbulkan konspirator kejahatan?

  • ISU ISU ETIKA

    Isu-isu etika mengenai kebebasan pribadi dalam era informasi ini adalah sebagai berikut: Dalam kondisi apa saya (Anda) dianggap menyerang atau melanggar kebebasan pribadi seseorang? Peraturan-peraturan apa yang berbicara mengenai interferensi kehidupan orang lain melalui pengawasan secara diam-diam, melalui penelitian pasar, atau melalui medium apa pun? Apakah kita perlu memeberitau orang yang bersangkutan jika ingin mengambil data-data informasi dirinya? Haruskah kita mengumumkan kepada orang-orang bahwa kita menggunakan informasi yang terkumpul untuk tujuan review karyawan.

  • ISU ISU POLITIS

    Isu-isu politik mengenai kebebasan pribadi menaruh perhatian pada perkembangan perundang-undangan yang mengatur relasi antara pemegang dokumen/catatan dan individu. Haruskah kita mengizinkan FBI untuk mengawasi e-mail agar bisa melacak penjahat atau teroris.

(Video) Isu-isu Etika, Sosial, dan Politis dari Sistem Informasi

2. ENAMPRINSIP ETIKA YANG DIPERLUKAN UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN YANG ETIS ATAU SESUAI ETIKA :

Prinsip Utilialirisnm

(Video) Sistem Informasi Manajemen Digital / KELOMPOK 2 ISU SOSAIL DAN ETIKA DALAM SISTEM INFORMASI

  • Kemunculan teori utilitarianisme merupakan pengembangandari pemahaman etika teleologi yang dikembangkan terutama oleh tokoh-tokoh besar pemikiran etika dari Eropa seperti Jeremy Bentham (1748-1832) dan John Stuart Mill (1806-1873) (Ludigdo, 2007), Erika teleologi ini, juga dikenal sebagai etika konsekuensialisme, yang memiliki pandangan mendasar bahwa suatu tindakan dinilai baik atau buruk berdasarkan tujuan atau akibat dilakukannya tindakan tersebut. Namun dalam pemahamannya tidak mudah untuk menilai baik buruknya tujuan atau akibat dari suatu tindakan dalam kerangka etika, sellingga muncullah varian darinya yaitu egoisme dan utilitarianisme. Etika egoisme menilai haik buruknya tindakan dari tujuan dan manfaat tindakan tersebut bagi pribadi-pribadi. pada akhirnya egoisme cenderung menjadi hedonisme, karena setiap manfaat atas suatu tindakan pribadi-pribadi yang berdasarkan kebahagian dan kesenangan demi memajukan dirinya sendiri tersebut biasanya bersifat lahriah dan diiukur berdasarkan materi.Sementara itu utilitarianisme berkebalikan dengan dari egoisme. Utilitarianisme atau utilitarisme yang berasal dari kata Latin utilis yang berarti"bermanfaat", berpandangan bahwa suatu perbuatan atau tindakan adalah haik jika membawa manfaat, tapi manfaat itu harus menyangkut bukan saja satu dua orang melainkan masyarakat sebagai keseluruhan. Jadi utilitarianisme ini tidak boleh dimengerti dengan cara egoistis. Konsep dasar moral untuk menentukan haik buruknya suatu perbuatan menurut pemikiran utilitarianisme adalah the greatest happiness of the greatest number. kebahagian tertxsar dari jumlah orang terbesar

Prinsip Universalism

  • Berbeda dengan pandangan utilarian yang menekan aspek hasil suatu keputusan universalisme memfokuskan diri pada tujuan suatu keputusana atau tindakan. prinsip kunci yang mendasari universalisme adalah prinsip kant mengenai imperative kategoris prinsip ini terdiri dari 2 bagian yaitu :
  • Seseorang harus memilih untuk bertindak hanya jika ia berkenan untuk memberi kesempatan setiap orang dalam situasi yang sama untuk membuat keputusan yang sama dan bertindak dengan cara yang sama
  • Orang lain harus diperlakukan sebagai tujuan yang dihargai dengan penuh martabat dan penghormatan tidak semata sebgai alat untuk mencapai tujuan. Sebagai konsekuensinya pendekatan ini memfokuskan diri pada kewajiba yang harus dilakukan seorang individu terhadap individu lain

Prinsip Rights

  • Pendekatan hak terhadap etika menekankan sebuah nilai tunggal, kebebasan. Agar disebut etis, keputusan - keputusan dan tindakan harus didasarkan pada hak - hak individu yang menjamin kebebasan memilih. Pendekatan ini berkeyakinan bahwa individu memiliki hak hak moral yang bersifat tidak dapat ditawar-ditawar
  • Hak ini pada gilirannya membwa kepada kewajiban yang saling menguntungkan diantara para pemegang hak tersebut. Dengan demikian para pekerja memiliki hak untuk medapatkan upah yang adil dan lingkungan kerja yang aman. Para majikan memiliki hak untuk berharap agar perdagangannya tetap rahasia dan tidak dibocorkan oleh para pekerjaanya.
  • Pendekatan hak terhadap etika dapat disalah gunakan. Sejumlah individu mungkin bersikeras mengatakan bahwa hak-hak mereka memiliki prioritas yang lebih tinggi dibanding hak orang lain.

Prinsip Justice

  • Prinsip keadilan juga sangat diperlukan dalam etika bisnis. ini artinya dalam prakteknya setiap orang yang melakukan bisnis memiliki hak untuk mendapatkan perlakuan yang sama artinya tidak akan ada pihak yang dirugikan
  • Para pembuat keputusan mempunyai kedudukan yang sama dan bertindak ahli dalam memberikan pelayan kepada pelanggan baik secara perseorangan ataupun secara kelompok

Prinsip Virtue Ethics

(Video) PERSONAL,SOCIAL AND ETHICS IMPACT IN INFORMATION SYSTEMS

  • Virtue ethis attau etika moralitas adalahh tradisi yang tergolong pada etika philosofi yang menitikberatkan kepada detail dari kebaikan yang merupakan bagian dari kehidupan manusia. Virtue ethics melakukan pendekatan terhadap etika yang menekan karakter agen daripada aturan atau konsekouensi, Sebagai elemen kunci dari pemikiran etis hal ini berbedan dengan konsekuenalisme yang menyatakan bahwa konsekuensi dari tindakan tertentu membentuk dasar bagi penilaian moral yang valid tentang tindakan dan tata susila.

Prinsip Relativitas Etika

  • Relativisme etika merupakan paham atau aliran pemikiran filasafat yang secara tegas menolak pendapat yang mengatakan bahwa norma etika berlaku untuk semua orang dimanasaja.
  • Pengertian lain Shomali telah memberikan deifinisi yang cukup mudah dipahami yaitu relativisme etika adalah pandangan bahwa tidak ada prinsip etika yang benar secara universsal kebenaran semua prinsip etika bersifat relatif terhadap budaya atau individu tertentu
  • Tidak sedikit filsif yang menganut aliran ini. Protagoras misalnya mengatakan bahwa benar salahnya sesuatu tergantung pada individu yang memberi penilaian. Engels menyatakan bahwa penilaian moral tergantung pada kelas sosial tertentu
  • Kesimpulan dari paham ini adalah, tindakan yang dianggap tidak beretika di satu tempat tidak bisa ditetapkan sebagai etika di tempat lain. Karena beda suku, budaya dan bahasa maka beda pula standariasasi etikanya.

EtEtika di dalam Masyarakat Informasi

Konsep Dasar: Responbilitas, akuntabilitas, dan liabilitas

Pilihan etika adalah keputusan-keputusan yang dibuat oleh individu yang bertanggung jawab terhadap konsekuensi dan tindakannya.Responbilitas adalah elemen utama dari tindakan etika. Responbilitas memiliki arti bahwa anda menerima kemungkinan biaya yang akan timbul, tugas, dan kewajibas atas keputusan yang anda buat.Akuntabilitasadalah fitur dari sistem dan institusi soail yang berarti ada mekanisme yang sesuai untuk menentukan siapa yang bertanggung jawab mengambil tindakan dan siapa yang bertanggung jawab terhadap keputusan tersebut. Sistem dan institusi yang tidak mampu menemukan orang yang pantas melakukan tindakan tertentu pada dasarnya tidak mampu memberikan analisis etika ataupu tindakan etika.Liabilitasmerupakan perluasan konsep dari responbilitas yang mengarah lebih jauh ke bidang hukum. Liabitias merupakan fitur dari sistem politik di mana suatu badan hukum di suatu tempat mengizinkan seseorang untuk menerima perbaikan kerusahan yang terjadi pada dirinya yang disebabkan oleh orang lain maupun organisasi.

(Video) Manajemen Informasi | Isu Sosial dan Etika Dalam Sistem Informasi | Prodi Manajemen, UST Yogyakarta

3. Jelaskan mengapa begitu sulut menuntut pertanggung jawaban terhadap kerusakan atau kegagalan perangkat lunak, dan bagaimana seoarang karyawan bidang SI menghadapi hal ini.

Karena manajemen risiko merupakan faktor penting terhadap kegagalan proyek perangkat lunak jika tidak dikelola secara tepat waktu dan efektif. Karena tidak ada yang bisa diprediksi bahwa apa yang akan terjadi di masa depan jadi kita harus mengambil langkah-langkah yang diperlukan saat ini untuk menghadapi situasi yang tidak pasti di masa depan. Dan jugakebanyakan pembuat software tersebut berada di luar negeri, sehingga sulit untuk memperbaiki secara langsung.

FAQs

Apa permasalahan etika yang mendesak yang disebabkan oleh sistem informasi? ›

Permasalahn etika yang mendesak lainnya yang disebabkan oleh sistem informasi adalah untuk menciptakan akuntabilitas atas konsekuensi sistem informasi, menetapkan standart untuk kualitas sistem pengamanan yang melindungi keamanan individu dan masyarakat, dan melindungi nilai dan institusi yang sangat penting bagi ...

Apa saja yang menjadi etika dalam sistem informasi? ›

Berikut beberapa etika yang harus diperhatikan dalam penggunaan Teknologi Informasi:
  • Menggunakan fasilitas teknologi informasi untuk melakukan hal yang bermanfaat.
  • Tidak memasuki sistem informasi orang lain secara illegal.
  • Tidak memberikan user ID dan password kepada orang lain untuk masuk ke dalam sebuah sistem.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan isu etika? ›

Isu etika adalah suatu bagian penting yang memberikan peranan inti kedalam nilai-nilai di hidup kita dalam berkomunitas antara lain nilai kehidupan, kebahagiaan, keamanan, dan juga pengetahuan. Nilai-nilai tersebut dapat menjadi masalah dalam berkomunitas (Moor, 1999).

Apa yang anda ketahui tentang etika dalam masyarakat informasi? ›

Etika informasi adalah cabang etika yang terpusat pada hubungan antara penciptaan (creation), pengorganisasian (organization), pemencaran (dissemination) dan penggunaan informasi serta standar etis dan kode moral yang mengatur perilaku manusia di masyarakat (Reitz, 2004:356).

Mengapa etika diperlukan dalam pengelolaan sistem informasi? ›

Dengan adanya etika dalam Teknologi Informasi diharapkan masyara kat atau penggunanya dapat memahami dan mengetahui bagaimana cara menggunakannya dengan baik dan benar.

Apa yang dimaksud dengan penerapan etika sosial? ›

Etika Sosial merupakan suatu etika sehubungan dengan relasi manusia dengan sesamanya dalam sosietas (masyarakat). Etika Sosial menunjuk pada etika yang berkenaan dengan suatu sosietas yang secara khusus berhubungan dengan pengaturan secara normatif relasi-relasi sosial dalam rangka tatanan hidup bersama.

Apa saja isu isu pokok yang berhubungan dengan etika dalam pemanfataan teknologi? ›

Jawaban:
  • 1.cybercrime (kejahatan dalam dunia maya)
  • 2.cyber etichs (etika dalam dunia maya)
  • 3.E-commerce.
  • pelanggaran hak atas kekayaan intelektual.
Oct 7, 2021

Apa hubungan antara etika dan teknologi informasi? ›

Atas dasar itulah diperlunya etika yang bisa mengatur segala yang berhubungan dengan teknologi informasi, dengan adanya etika teknologi informasi manusia dapat melihat aturan – aturan yang tidak mutlak namun dapat diemban sebagai pedoman bagi pekerja teknologi informasi.

Mengapa perlunya etika dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi? ›

Dalam penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi seperti program-program komputer, kita harus memiliki sikap (etika dan moral), karena perangkat tersebut menyangkut hasil karya cipta (kekayaan intelektual) dari seseorang, sekelompok orang , maupun lembaga yang dilindungi oleh undang-undang.

Apa isu isu etika bisnis itu? ›

Dalam pelaksanaan bisnis yang melibatkan bisnis internasional, akan selalu ada kendala dalam bentuk munculnya isu-isu. Isu-isu etis yang paling sering terjadi terkait ketenagakerjaan, hak asasi manusia (HAM), lingkungan, korupsi, dan tanggung jawab sosial perusahaan.

Apa yang menyebabkan ethical problem dalam perusahaan? ›

Faktor-faktor yang Mendorong Timbulnya Masalah Etika Bisnis

Mengejar Keuntungan dan Kepentingan Pribadi (Personal Gain and Selfish Interest). Sikap serakah dapat mengakibatkan masalah etika. Perusahaan kadang-kadang mempekerjakan karyawan yang memiliki nilai-nilai pribadi tidak layak.

Langkah langkah penyelesaian masalah etika? ›

PENYELESAIAN MASALAH ETIK
  1. Pengkajian situasi (pengumpulan data)
  2. Identifikasi masalah etik.
  3. Perencanaan Identifikasi alternatif dan konsekuensi dari setiap alternatif sesuai. justifikasi etik.
  4. Implementasi tindakan.
  5. Evaluasi.

Bagaimana cara penerapan etika dalam kehidupan bermasyarakat? ›

Etika dalam Bermasyarakat
  1. mewujudkan pola hidup sederhana;
  2. memberikan pelayanan dengan empati, hormat, dan santun tanpa pamrih dan tanpa unsur pemaksaan;
  3. memberikan pelayanan secara cepat, tepat, terbuka, dan adil serta tidak diskriminatif;
  4. tanggap terhadap keadaan lingkunga masyarakat;

Apa dampak negatif dari sistem informasi manajemen? ›

Penerapan sistem informasi manajemen secara luas menyebabkan hilangnya beberapa pekerjaan yang biasanya dikerjakan manusia tergantikan oleh tekhnologi otomasi sebagai bagian dari proses sistem informasi manajemen. Sehingga angka pengangguran semakin bertambah. 2. Masalah keamanan data yang rentan berdampak sistemik.

Mengapa sistem informasi manajemen mempengaruhi organisasi atau perusahaan? ›

SIM bisa bekerja secara efektif dan efisien serta cepat dalam mengumpulkan dan mengolah data menjadi informasi yang cepat, tepat, akurat bagi manajemen. Dengan adanya kemajuan teknologi, pada akhirnya manajemen perusahaan akan sangat terbantu.

Bagaimana penerapan etika bisnis dalam pemanfaatan teknologi informasi jelaskan? ›

menjaga sopan santun saat menggunakan media sosial. tidak sembarang menggunakan kata sandi atau membagikannya. menggunakan kata-kata yang sopan dan tidak menyinggung orang lain. menggunakan teknologi informasi secara tepat dalam kegunaan bisnis atau usaha.

Etika sosial meliputi bidang apa saja? ›

ETIKA SOSIAL MELIPUTI BANYAK BIDANG ANTARA LAIN :
  • Sikap terhadap sesama.
  • Etika keluarga.
  • Etika profesi.
  • Etika politik.
  • Etika lingkungan.
  • Etika idiologi.

Apa saja yang termasuk dalam etika sosial? ›

Bersikap Lebih Sopan, Ini 13 Etika Sosial yang Harus Kamu Patuhi
  1. Kamu bisa katakan ''Tolong'' dan ''Terima kasih'' pada orang-orang yang ada disekitarmu. ...
  2. Jangan jadi orang yang pelit senyum. ...
  3. Pusatkan perhatianmu pada orang yang sedang berbicara denganmu. ...
  4. Jangan suka memotong antrean!
May 5, 2019

Apa saja contoh etika? ›

Contoh etika moral yaitu berkata jujur, menghormati orang yang lebih tua, menghargai perbedaan pendapat, menyantuni anak yatim, membela kebenaran dan keadilan.

Sebutkan 4 isu isu pokok apa saja dalam etika komputer? ›

Isu
  • Kejahatan Komputer. Kejahatan komputer atau computer crime adalah kejahatan yang ditimbulkan karena penggunaan komputer secara ilegal. ...
  • Netiket. Internet merupakan aspek penting dalam perkembangan teknologi komputer. ...
  • E-commerce. ...
  • Pelanggaran HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) ...
  • Tanggung Jawab.

Apa saja isu isu pokok etika komputer? ›

5 Pokok Isu Etika Komputer
  • Kejahatan komputer. – Membuat virus untuk menginfeksi komputer. ...
  • Cyber ethics. – Mengirim spam kepada e-mail orang lain. ...
  • E-commerce. – Menjual hardware/komputer bajakan melalui media online. ...
  • Hak Cipta. – Menjiplak projek/produk IT orang lain. ...
  • Tanggung jawab profesi.
Oct 3, 2013

Apa yang dimaksud dengan isu atau masalah? ›

Harrison (2008:550) dalam (Kriyantono, 2012) memberikan definisi bahwa isu adalah berbagai perkembangan, biasanya di dalam arena publik, jika berlanjut, dapt secara signifikan memengaruhi operasional atau kepentingan jangka panjang dari organisasi.

Bagaimana pentingnya etika bagi profesional bidang teknologi informasi? ›

Etika profesi dalam bidang Teknologi Informasi sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, karena etika akan memberikan semacam batasan maupun standar yang akan mengatur pergaulan manusia di dalam kelompok sosialnya. Etika dalam perkembangannya sangat mempengaruhi manusia.

Sikap apa saja yang dapat diambil terkait etika dan moral dalam menggunakan perangkat TIK? ›

4 Hal yang menyangkut dalam Etika dan Moral dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi :
  1. Menghargai Hasil Karya Orang Lain. Beberapa perbuatan yang dapat mencerminkan penghargaan kita terhadap hasil karya orang lain: ...
  2. Hak Cipta Perangkat Lunak. ...
  3. Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) ...
  4. Undang-undang Hak Cipta.
May 25, 2015

Sebutkan dan jelaskan apa saja pelanggaran etika profesi yang ada dan berkaitan dengan IT? ›

Contoh kasus pelanggaran Etika Profesi dalam bidang Teknologi Informasi dan Komputer:
  • Pembajakan Film dan Lagu. ...
  • kekayaan intelektual seseorang.
  • Pencemaran Nama Baik. ...
  • Perbuatan-perbuatan yang termasuk pencemaran nama baik: ...
  • Gambar Spam diambil dari tribratanewsaceh.com. ...
  • Penyebaran Berita Hoax. ...
  • Cheating Game & App.

Bagaimana cara menggunakan teknologi informasi dengan baik dan benar? ›

Jawaban:
  1. Gunakan untuk hal hal yang positif.
  2. Gunakan pada waktu dan tempat yang tepat.
  3. Gunakan sesuai kebutuhan.
  4. Meminimalisir dampak pada tubuh.
  5. 5.Alokasikan waktu untuk bermain teknologi.
  6. Pahami dasar teknologi.
  7. Membuat aturan dan batasan.
  8. Menjauhkannya dari jangkauan anak anak.
Mar 25, 2020

Mengapa isu akuntabilitas sosial menjadi isu etika dalam perusahaan? ›

Akuntabilitas sosial menjadi isu etika karena banyaknya perusahaan yang tidak memperhatikan tanggung jawabnya kepada sosial (masyarakat) melainkan hanya berorientasi kepada para shareholder dan keuntungan yang maksmimum.

Apa saja contoh etika bisnis yang buruk dan seharusnya tidak dilakukan dalam dunia modern saat ini? ›

Berikut ini adalah bentuk contoh etika buruk yang dilakukan dalam sebuah bisnis di zaman modern saat ini :
  • Memproduksi barang-barang yang merugikan orang lain.
  • Melakukan penimbunan barang, sehingga menjadikan orang lain sulit untuk mendapatkan suatu barang itu sendiri.
Nov 15, 2017

Apa saja yang menjadi praktik buruk bisnis yang menyalahi etika dalam berbisnis pada isu isu bisnis ini? ›

5 Kesalahan yang Melanggar Etika Berbisnis
  • Melakukan Tindakan Spamming. ...
  • Melakukan Tag Secara Acak. ...
  • Menggunakan Foto Produk Orang Lain. ...
  • Tidak Aktif dan Tidak Kreatif.

Mengapa etika bisnis diperlukan di zaman globalisasi seperti sekarang ini? ›

Etika menjadi titik sentral dalam setiap kegiatan bisnis yang berskala global karena bisnis tidak cukup dijalankan berdasarkan transaksi yang diikat oleh kontrak-kontrak formal dan legal saja, tetapi juga perlu dilandasi oleh rasa saling percaya di antara pihak-pihak yang terlibat di dalam proses transaksi tersebut.

Apa dampak yang akan terjadi jika prinsip etika bisnis tidak diterapkan secara maksimal dalam lingkungan bisnis? ›

Tanpa etika dalam berbisnis, persaingan antar perusahaan dapat menjadi tidak sehat, konsumen menderita, terjadi pencemaran lingkungan atau menimbulkan praktek monopoli perdagangan.

Sebutkan dan jelaskan hal hal apa saja yang harus diperhatikan dalam menerapkan etika organisasi dan etika individu dalam suatu perusahaan? ›

Daftar Isi show
  • Jujur.
  • Bersikap dewasa.
  • Bertingkah laku baik.
  • Menggunakan pakaian rapi.
  • Menyebutkan nama.
  • Menggunakan bahasa yang baik.
  • Bersikap sopan.
  • Berdiri saat berkenalan.
Sep 27, 2021

Langkah langkah dalam menganalisis kasus dan situasi etika? ›

melibatkan urutan berikut langkah-langkah:
  1. Memperjelas fakta. Apa yang diketahui, atau apa yang perlu diketahui untuk. ...
  2. Tentukan masalah etika. Situasi seperti apa yang menyebabkan masalah. ...
  3. Tentukan alternatif. ...
  4. Bandingkan nilai-nilai dan alternatif. ...
  5. Menilai konsekuensi. ...
  6. Membuat keputusan.

Bagaimana cara menghadapi masalah etik moral dan dilema dalam praktik kebidanan? ›

Pilihan dapat diperluas dan menghindari konflik :
  1. Memberi informasi yang lengkap pada ibu,informasi yang jujur,tidak bias dan. ...
  2. Bidan dan tenaga kesehatan lain perlu belajar untuk membantu ibu. ...
  3. Untuk memegag kebijakan pelayanan kesehatan perlu. ...
  4. Menjaga fokus asuhan pada ibu dan evidence based,diharapkan konflik dapat.

Apa yang dimaksud dengan beneficence? ›

Beneficience berarti, hanya melakukan sesuatu yang baik. Kebaikan, memerlukan pencegahan dari kesalahan atau kejahatan, penghapusan kesalahan atau kejahatan dan peningkatan kebaikan oleh diri dan orang lain. Terkadang, dalam situasi pelayanan kesehatan, terjadi konflik antara prinsip ini dengan otonomi.

Bagaimana etika kita dalam menggunakan media sosial? ›

Adapun Etika komunikasi yang baik dalam media sosial adalah jangan menggunakan kata kasar, provokatif, porno ataupun SARA; jangan memposting artikel atau status yang bohong; jangan mencopy paste artikel atau gambar yang mempunyai hak cipta, serta memberikan komentar yang relevan.

Mengapa setiap manusia penting untuk memahami dan menjalankan etika? ›

MENGAPA ETIKA PENTING? 1. Bersifat universal 2. Menentukan keberlangsungan peradaban manusia 3. Selalu relevan sepanjang masa 4. Sangat berperan bagi kemajuan suatu bangsa 5. Mempertanyakan kewajiban manusia sebagai “manusia” 6. Etika AN menentukan reformasi birokrasi.

Apa sih pentingnya dan manfaat etika untuk kehidupan sehari hari? ›

Fungsi etika adalah sebagai tempat mendapatkan orientasi kritis yang berhadapan dengan beragam kedaan moralitas yang membingungkan. Selain itu, etika juga berfungsi menunjukan adanya keterampilan intelektual. Keterampilan intelektual adalah sebuah keterampilan untuk berargumentasi dengan rasional dan kritis.

Akibat apa yang akan terjadi pada perusahaan yang tidak menerapkan sistem informasi yang benar? ›

adapun beberapa kerugian lainnya jika tidak ada sistem informasi manajemen dalam sebuahorganisasi yakni :1.aksesibilitas data yang tersaji tidak akan akurat bagi para pemakai2.tidak tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secarakritis.

Bagaimana hubungan antara sistem informasi manajemen dengan proses pengambilan keputusan? ›

Sistem Informasi Manajemen mendorong pengambilan keputusan dari hasil perancangan yang disajikan. Suatu sistem pengambilan keputusan, artinya model sistem yang digunakan untuk mengambil keputusan, dapat bersifat tertutup atau terbuka.

Bagaimana pengaruh sistem informasi sumber daya manusia terhadap perkembangan sebuah perusahaan? ›

Di perusahaan, pemanfaatan Sistem Informasi Sumber Daya Manusia (Human Resource Informastion Sistem) mampu meningkatkan kinerja dan daya saing bisnis ketika kebutuhan akan informasi yang cepat tepat dan ketersediaan data untuk proses pengambilan keputusan dibutuhkan.

Apa dampak dari sistem informasi bagi organisasi? ›

Jawaban. TI memungkinkan peningkatan produktivitas para manajer, perluasan pengendalian (banyak karyawan untuk tiap supervisor), dan pengurangan jumlah manajer serta tenaga ahli. Maka akan semakin sedikit tingkat manajerial yang akan ada dalam banyak perusahaan, dan akan makin sedikit pula staf manajer operasi.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan etika? ›

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan buruk, mengenai hak dan kewajiban moral, kumpulan asas atau nilai yang berhubungan dengan ahlak, dan nilai benar atau salah yang dianut dalam masyarakat.

Apa saja dimensi moral era informasi? ›

Di dalam era informasi ini terdapat lima dimensi moral yang diangkat:
  • Hak dan kewajiban informasi. Hak informasi apa saja yang dimiliki oleh individu dan organisasi? ...
  • Hak dan kewajiban terkait kepemilikan. ...
  • Akuntabilitas dan pengendalian. ...
  • Kualitas sistem. ...
  • Kualitas hidup.
Jan 6, 2017

Videos

1. Ethical, Legal, and Social Issues of Information Systems | ALFIH NADIANSYAH_1202702005
(Alfih Nadiansyah)
2. Chapter 4 Ethical and Social Issues in Information Systems
(Yuli Asbar)
3. Chapter 4 Ethical and Social Issues in Information Systems
(Yuli Asbar)
4. Etika dan Dampak sosial dalam Teknologi Informasi
(OS Learning)
5. MIS - Ch4part1
(Mukhtar Pinata)
6. ETICAL AND SOCIAL ISSUES IN INFORMATION SYSTEM
(Sinaran Ilmu)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Rev. Porsche Oberbrunner

Last Updated: 02/02/2023

Views: 6128

Rating: 4.2 / 5 (73 voted)

Reviews: 88% of readers found this page helpful

Author information

Name: Rev. Porsche Oberbrunner

Birthday: 1994-06-25

Address: Suite 153 582 Lubowitz Walks, Port Alfredoborough, IN 72879-2838

Phone: +128413562823324

Job: IT Strategist

Hobby: Video gaming, Basketball, Web surfing, Book restoration, Jogging, Shooting, Fishing

Introduction: My name is Rev. Porsche Oberbrunner, I am a zany, graceful, talented, witty, determined, shiny, enchanting person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.