Etika dalam Psikologi Sosial (2022)

1.Bentukkelompok

A.KelompokPrimer

MenurutGoergeHomanskelompokprimermerupakansejumlah orang yang terdiri dari beberapa orang yang sering berkomunikasidengan lainnya sehingga setiap orang mampu berkomunikasi secara langsung(bertatap muka) tanpa melalui perantara. Misalnya: keluarga, RT, kawansepermainan, kelompok agama, dan lain-lain.

MenurutCharles Horton Cooley, dalam bukunya Social Organization, kelompok sosial dapatdibedakan ke dalam dua jenis, yaitu kelompok primer adalah pengelompokananggota-anggota masyarakat yang terorganisir secara adat, baik berdasarkanikatan kedaerahan maupun hubungan darah. Contoh marga di Sumatera, trah di jawadan suku di Papua.

Dalamkelompok primer terdapat interaksi sosial yang lebih intensif dan lebih eratdiantara mereka dari pada kelompok sekunder. Dalam kelompok primer terjadihubungan yang face to face group, yaitu kelompok sosial yang anggotanya seringberhadapan muka antara astu dengan yang lainnya dan saling mengenal dari dekat,sehingga saling berhubungan lebih erat.
Peranan kelompok primer dalam kehidupan individu besar sekalikarena karena di dalam kelompok inilah individu berkembang dan dididik sebagaimahluk sosial. Di dalam kelompok inilah individu mengembangkan sifat-sifatsosial seperti mengindahkan norma-norma, melepaskan kepentingan dirinya demikepentingan kelompok, belajar bekerjasama dengan individu lain,danmengembangkan kecakapannya guna kepentingan kelompoknya.

Contohkelompok primer adalah keluarga, rukun tetangga,kelompok kawan sepermainan,kelompok belajar dsb. Sifat interaksi dalam kelompok primer ini bercorakkekeluargaan dan lebih berdasarkan simpati.

B.Kelompok Formal

Kelompok formal adalah kelompokyang dibentuk atau disusun secara resmi oleh manajer dimana kelompok tersebutdiberikan tugas dan pekerjaan yang terkait dengan pencapaian tujuan organisasi. Disampingstruktur yang formal tersebut terdapat pula pola informal yang di identifikasididalamnya individu-individu berasal dari kesamaan visi, tujuan, budaya, latarbelakang pendidikan, agama, dan etnis, namun kelompok informal ini tidakmemiliki struktur dan pembagian tugas yang jelas.

Contohkelompok formal adalah organisasi badan-badan pemerintah yaitu, OrganisasiBadan Pengatur Penyediaaan dan Pendistribusian BBM

C.Kelompok Referensi

Kelompok referensi disebut juga sebagai acuan.Kelompokacuan memberikan standar (norma atau nilai) yang dapat menjadi perspektifpenentu mengenai bagaimana seseorang berfikir atau berperilaku. Kelompokreferensi merupakan sekelompok orang yang secara nyata mempengaruhi perilakuseorang secara langsung atau tidak langsung.Kelompok referensi ini berguna sebagai referensiseseorang dalam pengambilan keputusan dan sebagai dasar pembandingan bagiseseorang dalam membentuk nilai dan sikap umum / khusus atau pedoman khususbagi perilaku.


Pengertian Kelompok Referensi menurut paraahli :

1.Menurut Sumarwan: Kelompok referensi (preference group) adalah seorang individu atau sekelompokorang yang secara nyata mempengaruhi seseorang.

2.Sedangkan menurut Kotler dan Keller : Kelompok referensi sebagaikelompok yang mempunyai pengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap sikapdan perilaku seseorang.

Pada awalnya kelompok acuan dibatasi secara sempit dan hanyamencakup kelompok-kelompok dengan siapa individu berinteraksi secara langsung.

Contohnya keluarga dan teman-teman akrab.

Tetapi konsep ini secara berangsur-angsur telah diperluasmencakup pengaruh perorangan atau kelompok secara langsung maupun tidaklangsung. Kelompok acuan tidak langsung terdiri dari orang-orang atau kelompokyang masing-masing tidak mempunyai kontak langsung,

Contoh kelompok referensi adalah para bintang film, pahlawanolahraga, pemimpin politik, ataupun orang yang berpakain baik dan kelihatanmenarik di sudut jalan.

2.Dasar-dasar Daya Tarik Antar Orang,dilandasi :

A. Kesempatan untuk Berinteraksi

Hal yang membuat manusia tertarik pada orang lain dankemudian membentuk satu kelompok adalah kesempatan berinteraksi satu sama lain.Dengan kata lain orang yang jarang berinteraksi akan sulit untuk salingtertarik. Interaksi timbul karena adanya daya tarik. Atau daya tarik akantimbul karena adanya interaksi.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa lingkungan merupakansalah satu factor yang dapat menaikkan atau menurunkan kesempatanberinteraksi.Hubungan interaksi dengan factor lingkungan adalah :

a.Hubungan denganjarak dan fisik

Orang yang tinggal atau bekerja berdekatan mempunyaikesempatan yang lebih besar dalam berinteraksi. Dengan demikian kesempatanuntuk membentuk kelompokn akan lebih besar dibanding dengan mereka yang tinggalberjauhan.

Seorang peneliti yang meneliti sejumlah kantorketatausahaan. Hasilnya membuktikan bahwa jarak sangat mempengaruhi merekadalam berinteraksi. Karyawan yang seringkali berinteraksi akan mengembangkanjalinan hubungan karja dan kesetiaaan.

b.Jarak pisikologi danarsitektur.

(Video) Kode Etik dan Metode dalam Psikologi Sosial

Selain jarak fisik, yang menyebabkan penghalang orangberinteraksi juga adalah pengaturan letak susunan kerja hasil dari arsitektur.Dengan kata lain pengaturan arsitek dalam mendesain suatu gedung tempat kerjaatau tempat tinggal, memberikan pengaruh yang cukup besar dalam kesempatanberinteraksi.

Arsitektur dapat menciptakan halangan-halangan ataudorongan-dorongan fisik atau pisikologi untuk berinteraksi.

Ada beberapa tipe berinteraksi. Yaitu :

1. singkat interaksi : interaksi antarsatu individu yang hanya tegur sapa saja, tanpa ada hubungan berkelanjutan.Biasanya interaksi ini terjadi ketika berhadapan dengan orang baru dan tidakada kesempatan lain untuk saling mengenal lebih dalam.

2. interaksi medium : yaitu interaksiantara individu yang terjadi dalam waktu yang lama. Seperti interaksi bersamaguru, teman, sahabat bahkan pedagang sekalipun.

3. interaksi panjang : interaksi yangterjadi sekitar 10 tahun atau lebih, dan interaksi tersebut tidak berhentisampai meninggal dunia. Contoh interaksi yang panjang adalah bersama orang tua,kakak, nenek, kakek dan lain-lain. Biasanya interaksi panjang terjadi bersamakeluarga. Sebab keluarga menerima apa adanya.

Contoh:

·Kedekatanlingkungan tempat tinggal: keakraban dengan tetangga sebelah rumahdikarenakan seringnya bertemu.

·daya tarik karena adanya kedekatannyata atau fisik:seseorangtertarik pada orang lain karena kedekatan tempat duduk saat di bangku sekolah

·saatdiadakannya suatu seminar atau forum diskusi, yang melibatkan banyak orang dariberbagai kalangan. Dapat menimbulkan ketertarikan antar individu yang adamengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan tersebut merupakan wadah yang memberikankesempatan antar individu untuk dapat saling berinteraksi.

B.Status

Status merupakan salah satu faktor yang menentukan puladalam daya tarik antar individu. Ada dua tendensi di bidang ini. seseorang itulebih suka berinteraksi dengan orang lain karena adanya kesamaanstatus.Dan seseorang itu akan lebih tertarik pada orang yang bersetatuslebih tinggi.

Kecendrungan yang pertama menunjukkan bahwa seseorang yangmempunyai setatus tinggi lebih menyukai berinteraksi sesamanya.

Adapan kecendrungan yang kedua adalah orang yang darikelompok status lebih rendah akan lebih ingin untuk berinteraksi pada orangyang bresetatus lebih tinggi dari dirinya dibanding berinteraksi dengan orangyang berstatus sama dengannya.

Contoh:

·Gender:ketertaikan timbul saat berinteraksi dengan lawan jenis. Seorang priaakan tertarik dengan seorang wanita.

·Kekayaan: seorang mahasiswa yangorangtuanya memiliki kekayaan yang besar akan lebih tertarik pada mahasiswilain yang setara dengan keluarganya.

·Pendidikan: seorang yang berpendidikantinggi akan lebih mudah bersosialisai dengan orang yang berpendidikan setingkatdengannya.

C.Kesamaan Latar Belakang

Latar belakang yang sama merupakan salah satu faktor penentudari proses daya tarik individu untuk berinteraksi satu sama lain. Misalnyausia, agama, pendidikan, ras, dan status sosial seseorang akan memudahkan untukmenemukan daya tarik berinteraksi satu sama lain.

Contoh:

·Seseorang yang baru berkenalan akansaling tertarik saat mereka memiliki kesamaan suku, misalanya seorang itubermarga/boru silalahi dan seorang yang lain bermarga/boru tambunan

·Kesamaan agama: sesorang akan lebihtertarik kepada yang lain yang seiman dengannya, dikarekan akan lebih mudahmenambah keimanannya.

·Usia: Seorang pemuda akan tertarikdengan pemudi yang seusian dengannya.

D.KesamaanSikap

(Video) Etika pada Asesmen Psikologis

Kesamaan sikap ini sebenarnya pengembangan lebih lanjut darikesamaan latar belakang. Orang-orang yang mempunyai kesamaan latar belakang.Orang-orang yang mempunyai kesamaan latar belakang nampaknya mempunyai kesamaanpengalaman, dan orang yang mempunyai kesamaan pengalaman ini lebih memudahkanuntuk berinteraksi dibandingkan orang yang tidak mempunyai kesamaan pengalaman.Daya tarik orang-orang yang berinteraksi yang disebabkan karena kesamaan sikapini dapat dilihat dalam pergaulan-pergaulan :

-Antaramahasiswa

-Orangbertetangga

-Temansejawat

-Pasanganyang sudah kawin

-Tentara

-Buruhsuatu pabrik dll.

Contoh:

·Misalnya, Susi Susanti dan AlanBudikusuma itu adalah sepasang suami istri, yang awalnya mereka saling tertariksatu sama lain, dan yang dapat menyebabkan ketertarikan itu mungkin karenamereka sama-sama berprofesi sebagai atlet bulutangkis yang tentunya merekamempunyai kegemaran pada bulutangkis.

·Seseorangakan lebih cepat bergaul/ berteman dengan orang lain yang memiliki polapandangan yang sama. Dikarenakan akan ada koneksi yang berkesinambungan disaaatbertukar pikiran.

·Fisikmerupakan hal yang pertama kali diperhatikan oleh orang lain. Fisk yang bagus,ketampanan/kecantikan, yang didukung dengan kerapian, kebersihan, kecakapanakan menyebabkan saling ketertarikan antar individu

3. Teori-Teori Organisasi

A. SistemTertutup dan Sistem Terbuka

ó SistemTertutup adalah Sifatyang menonjol dari sistem tertutup adalah adanya kecendrungan yang kuat untukbergerak mencapai keseimbangan dan entropi yang statis. Sifat ini menunjukkan adanyakebekuan atau tepatnya keseimbangan yang beku. Istilah entropi aslinyadipergunakan dalam ilmu-ilmu fisika. Ia mempunyai pengertian dipergunakan padasetiap sistem yang tertutup dengan tidak adanya potensi berikutnya untukmembangkitkan daya kerja atau usaha transformasi. Fisika konvensionalhanya berkenaan dengan sistem tertutup, yang terisolasi terhadaplingkungan. Dalam teori kimia fisis dijelaskan reaksi-reaksi, rata-rata dankesetimbangan kimia yang ditetapkan dalam bejana tertutup dimana sejumlahreaktan dijadikan satu. Hukum termodinamika menyatakan bahwa hukum tersebuthanya diterapkan pada sistem tertutup saja.

Sistem tertutup ini dinamakanpula sebagai sistem yang klasik atau tradisional. Artinya bukan lagi tidakdipakai melainkan sudah ada system yang lebih baru. Sistem ini masih dianggappenting sampai sekarang .

Karakteristik lain yang dapatdipergunakan untuk mengenal system tertutup ini seperti yang dikatakan oleh TomBurns dan G.M Stalker adalah:

1. Tugas rutin terjadi dalamkeadaan yang stabil

2.Adanyapembagian tugas

3.Sarana

4.Konflikdi dalam organisasi diselesaikan dari atasan

5.Pertanggungjawaban

6.Rasatanggung jawab dan loyalitas seseorang diberikan kepada subunit birokrasi yangtelah dibebankan kepadanya

7.Organisasidipahami sebagai suatu struktur hierarki

8.Pengetahuanhanya inklusif berada pada pucuk hierarki ( pimpinan )

9.Interaksidiantara orang – orang dalam organisasi cendrung vertical

10. Gaya interaksidiarahkan untuk mencapaikepatuhan , komando dan hubungan yang jelas antara atasan dan bawahan

(Video) ETIKA DALAM PENELITIAN PSIKOLOGI

11. Loyalitas dan kepatuhan padaseorang atasan dan organisasi pada umumnya sangat ditekankan

12. Pristise dalah pelekatdidalamnya , yakni bahwa kedudukan seseorang itu didalam organisasi sangatditentukan oleh kantor dan derajat seseorang

Contoh:

Dapat diambil kesimpulan bahwasistem tersebut menekankan adanya keteraturan seperti mesin pabrik yangbergerak berdasarkan aturannya untuk menjaga adanya kestabilan.

ó SistemTerbuka adalahdimana organisasi dengan sistem terbukadapat digambarkan seperti fenomena nyala api lilin, sinar yang dipancarkannyaakan memengaruhi kondisi lingkungan di sekelilingnya. Daniel Griffithsmengatakan bahwa organisasi (sistem) berada dalam lingkungan (suprasistem) yangdidalamnya memuat pula sub sistem (perangkat administrasi dalam organisasi).Batasan antar sub sistem dibuat dengan garis putus-putus yang berarti antarbagian dapat saling menembus (permeable). Antara subsistem yang terlibat dapatsaling mempengaruhi lewat hubungan yang interaktif dan adaptif antar komponen.Masalah yang terjadi pada satu bagian dapat menjadi ancaman terhadap fungsikeseluruhan. Setiap organisme yang hidup pada dasarnya merupakan sistem yangterbuka. Mereka mempertahankan diri dalam sebuah pemasukan dan pengeluaran yangberkesinambungan, pembangunan dan kerusakan komponen-komponen, tidak pernahselama hidupnya berada dalam kesetimbangan kimiawi dan termodinamis, tapi tetapberada dalam sebuah keadaan tetap yang berbeda jauh dengan keadaan sebelumnya.

Dalam pengertian umum, sistemini lebih menekankan saling hubungan dan saling ketergantungan antara unsure-unsurorganisasi yang bersifat social dan teknologi. Organisasi dipertimbangkansebagai serangkaian variable yang saling berhubungan sehingga jika salah satuvariable berubah menyebabkan berubahnya variable lainnya.

Karakteristik dari sistemterbuka menurut Burns dan Stalker merupakan kebalikan dari karakteristik darisistem tertutup yang sebagai berikut:

1.Tugasyang tidak rutin berlangsung dalam kondisi yang tidak stabil

2.Pengetahuanspesialis menyebar pada tugas – tugas pada umumnya

3.Hasillebih diutamakan

4.Konflikdidalam organisasi diselesaikan dengan interaksi antara teman sejawat

5.Pencairanpertanggung jawaban ditekankan

6.Rasapertanggungjawaban dan loyalitas seorang adalah pada organisasi secarakeseluruhan

7.Organisasidipandang sebagai struktur network yang merembes

8.Pengetahuanatau informasi dapat berada dimana saja dalam organisasi

9.Interaksidiantara orang – orang didalam organisasi cendrung bergerak horizontal

10. Gaya interaksi yang diarahkanuntuk mencapai tujuan lebih bersifat saran dibandingkan pemberian instruksi

11. Hasil tugas dan pelaksanaankerja yang baik diutamakan

12. Prestise ditentukan dari pihakluar

Kerangka dasar sistem inimemulai dari preposisi teori bahwa semua organisasi – organisasi sosialmemberikan peranan tertentu. Adapun karakteristik menurut Nigro sebagai berikut:

1.Secaraajeng sistem ini mencari dan memerlukan sumber – sumber dalam bentuk materialdan kemanusiaan

2.Organisasimentransformasi inputs dalam bentuk hasil –hasil seperti barang dan jasapelayanan

3.Systemterbuka mengirim hasil produksinya ke pihak luar, yakni lingkungan

4.Strukturorganisasi dikembangkan sekitar aktivita – aktivita yang telah menpola

5.Organisasihidup dan menolak disorganisasi

6.Umpanbalik dalam bentuk informasi mengenai keadaan lingkungan

(Video) 8 ETIKA SOSIAL DALAM MASYARAKAT UNTUK JADI ORANG BERGUNA

7.Systemterbuka menginginkan adanya keseimbangan dan kestabilan antara factor – factordidalam dan diluar organisasi

8.Pengembanganstruktual dan spesialis tugas merupakan merupakan jawaban umum dalam mencarisumber dan adaptasi

Contoh:

Teori sistem terbuka merupakangeneralisasi yang penting dari teori fisik kinetik dan thermodinamik. Teori initelah menghasilkan suatu prinsip dan wawasan baru seperti misalnya prinsipequifinalitas, generalisasi prinsip thermodinamik kedua, peningkatanketeraturan yang mungkin dalam sistem terbuka terjadinya fenomena periodis,overshoot dan kesalahan permulaan dan lain-lain. Konsep sistem terbukamenemukan aplikasinya dalam ilmu pengetahuan tentang bumi, geomorphologi danmeteorologi dengan memberikan suatu perbandingan terperinci dari suatu konsepmeteorologis dan konsep organismikBertalanffydalam bidangbiologi.

B.Konsep perspektif

Beberapa pendekatanperspektif yang berbeda satu sama lain bisa dipergunkan untuk menganalisisteori atau konsep organisasi. Pendekatan perspektif dipergunkan untuk memahamibahwa mempelajari teori organisasi tidak hanya cukup menggunkan a single danunified models dari tatanan suatu organisasi.Akan tetapi banyak pendekatan dan cara yang berbeda yang bisa dipakai. Istilahperspektif dipakai sebagai konsp Umbrella dimana kita bisa memakai berbagaipandangan yang relevan. Istilah perspektif dipergunakan untuk memperjelaspengelompokan atau pembagian teori-teori organisasi yangsejalan atau paling tidak yang berkembang pada kurun waktu yang sama. Padaaslinya konsep perspektif ini dipergunakan dalam manajemen, akan tetapi intipembahasannya dipergunakan pula untuk teori organisasi.

Menurut Huse dan Bowditch (1973) ada 3golongan aliran perspektif ini, yakni:

(1) Perspektif I

(2) Perspektif II

(3) Perspektif III

PerspektifIini intinya melihat konseporganisasi/manajemen dari faham klasik. Aliran ini pada intinya mengartikanorganisasi sebagai suatu isue-isue tentang bagaimana organisasi itudisusun, fungsi-fungsi dirancang dan dibiayai, kewenangn dan tanggungjawab dijalankan, span pengawasan dijalankan dangaya kepemimpinan yang bagaimana yang seharusnya dijalankan.

Ada 3 aliran yang menonjol pada perspektif Iini, yakni aliran prinsip-prinsip organisasi/manajemen universal, aliranstruktural, dan aliran manajemen ilmiah.

PerspektifII,dalam perspektif ini konsep oranisasi lebih diartikan sebagai aliran pekerjaanKonsep dasarnya bagaimana suatu informasi itu bisa dijalankan dan disampaikandengan sebaiknya melalui alat analisa yang tepat pada perspektif ini konsepoganisasi sudah mengenalkan riset operasional.

PerspektifIII,dalam hal ini konsep organisasi/manajemensebagian besar titik perhatian pada human perspektif

dalam pandangan perspektif organisasi danmanajemen bahwa manusia dalam setiap satuan kerja organisasi menjadi lebihpenting dibandingkan dengan struktur seperti yang diteknakan dalam aliranperspektif I

Contoh :

·Dikatakannya, sebagai lawan dari perspektif rasional yangmenenakan stabilitas dan equalibrium, maka perspektif konflik memberikananalisa tentang terjadinya perbedaan yang menimbulkan konflik. Dengan demikiandalam organisasi tidak mesti harus stabil dan damai saja, akan tetapi adamunculnya konflik.

·Dalam perspektif ini organisasi sebagaimana bentuk suatu sistemsosial bisa dianalisis secra baik jika dilihat dari proses interaksi di antaraangotanya (social activities amongthe members). Proses interksi sosial inilah yang menjadi pusatperhatian dari perspektif ini.

·Perspektif ini menekankan bahwa dalam suatu organisasi selainfaktor human/manusia maka mesin sebagai produk dari tehnologi itu juga berperanamat penting. Manusia sebagai masternya maka tehnologimenjadi faktor penentudari keberhasil suatu entity yang disebut organisasi

Lihat Pula :


FAQs

Apa itu etika dalam psikologi? ›

Etika adalah salah satu cabang cabang psikologi dari filsafat yang mempelajari mengenai pandangan dan juga permasalahan yang berkaitan dengan kesusilaan sehingga banyak orang yang menggunakan istilah filsafat etika, filsafat susila atau filsafat moral sehingga bisa dikatakan jika etika merupakan penyelidikan filosofis ...

Mengapa dalam psikologi perlu adanya kode etik? ›

Kode etik psikologi merupakan dasar perlindungan dari nilai-nilai yang diterapkan. Kode etik bertujuan untuk menjamin kesejahteraan umat manusia dan memberikan perlindungan terhadap layanan masyarakat terkait praktik layanan psikologi.

Apa saja metode penelitian psikologi sosial? ›

Branscombe & Byron (2017) menuliskan bahwa ada tiga metode yang seringkali digunakan dalam Psikologi Sosial, yakni: observasi sistematik, statistik korelasi, dan eksperimen. Dalam observasi sistematik, dikenal dua model; pertama adalah observasi alamiah (naturalistic observation) dan kedua adalah survei. Dalam ...

Apa yang dimaksud dengan etika? ›

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan buruk, mengenai hak dan kewajiban moral, kumpulan asas atau nilai yang berhubungan dengan ahlak, dan nilai benar atau salah yang dianut dalam masyarakat.

Teori etika apa saja? ›

Teori Etika Bisnis
  1. Teori keutamaan. Teori pertama adalah tentang keutamaan memandang bagaimana seseorang bersikap. ...
  2. 2. Teori hak. Seperti pembahasan etika pada umumnya, teori hak berbicara mengenai sesuatu yang pantas dan harus didapatkan oleh seorang individu. ...
  3. 3. Teori deontologi. ...
  4. 4. Teori teleologi.

Apa yang dimaksud etika dan profesi? ›

Pengertian etika profesi adalah sebuah sikap hidup yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada seseorang yang sifatnya profesional. Etika ini berhubungan dengan masyarakat atau konsumen secara langsung.

Siapa yang menyusun kode etik psikologi? ›

Kode etik psikologi ini diumumkan secara resmi oleh HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia).

Apa saja prinsip prinsip dalam Kode Etik psikologi? ›

  • Prinsip B : Integritas dan Sikap Ilmiah. 1.1. ...
  • Prinsip D : Keadilan. 2.1. ...
  • Prinsip C : Profesional. 3.1. ...
  • Prinsip A : Penghormatan Pada Harkat Martabat Manusia. 4.1. ...
  • Prinsip E : Manfaat. 5.1.

Kompetensi umum apa saja yang perlu dimiliki oleh seorang psikolog? ›

9 Ilmu dan Skill yang Kamu Dapat Ketika Masuk Jurusan Psikologi
  1. Belajar mengenai perilaku dan kepribadian seseorang. ...
  2. 2. Belajar mengenai hubungan pikiran, perasaan, dan perilaku. ...
  3. 3. Belajar jenis-jenis gangguan jiwa. ...
  4. 4. Belajar melakukan asesmen atau penilaian terhadap orang lain. ...
  5. Belajar alat-alat tes psikologi kecerdasan.
Jan 14, 2021

Metode apa saja yang digunakan dalam penelitian psikologi? ›

Metode Penelitian Dalam Psikologi Umum
  1. Eksperimen. ...
  2. Survei. ...
  3. Studi Kasus dan Studi Klinis. ...
  4. Observasi. ...
  5. Metode Tes. ...
  6. Riset Arsip. ...
  7. Simulasi Komputer. ...
  8. Self Report.
Nov 28, 2018

Jelaskan apa yang dimaksud dengan metode penelitian? ›

Metode penelitian adalah langkah-langkah yang diambil oleh peneliti untuk mengumpulkan data atau informasi untuk diolah dan dianalisis secara ilmiah. Kita memang tak terlalu banyak belajar tentang metodologi penelitian di sekolah.

Metode apa saja yang digunakan dalam psikologi pendidikan? ›

Dalam metode psikologi pendidikan ada beberapa metode yang wajib Detikers ketahui dengan jelas, antara lainnya seperti :
  1. Metode Experimental. ...
  2. Metode Questionnaire. ...
  3. Metode Klinis. ...
  4. Metode Introspeksi. ...
  5. Metode Case Study.
Apr 14, 2021

Brainly Apa yang dimaksud dengan etika? ›

Jawaban: Etika adalah suatu norma atau aturan yang dipakai sebagai pedoman dalam berperilaku di masyarakat bagi seseorang terkait dengan sifat baik dan buruk.

Apa itu etika dan fungsinya? ›

Etika adalah kata yang berasal dari bahasa Yunani yaitu ethos yang berarti karakter, watak kesusilaan atau adat kebiasaan di mana etika berhubungan erat dengan konsep individua tau kelompok sebagai alat penilai kebenaran atau evaluasi terhadap sesuatu yang telah dilakukan.

Apa saja contoh etika? ›

Contoh Etika
  • #1 Senantiasa menjaga kerukunan antar sesama manusia. ...
  • #2 Menunjukkan sikap hormat terhadap orang lain baik dalam pembawaan diri, berbicara, dan bersikap. ...
  • #3 Menunjukkan sikap kemurahan hati terhadap siapa saja. ...
  • #4 Senantiasa berperilaku yang baik dan selalu mencipta kebaikan di tengah lingkungan masyarakat.
Oct 10, 2021

2 teori etika menggunakan dua pendekatan pendekatan apa yang dimaksud dan berikan penjelasannya? ›

Pertama, teori etika yang berfokus lebih pada hasil daripada prosesnya (Ends Justify the Means). Kedua, teori etika yang berfokus pada proses (Means Justify the Ends). Kedua pendekatan tersebut berfokus pada Doing Manusia, yaitu dalam memecahkan suatu dilema berfokus pada apa yang akan orang lakukan.

Contoh apa saja yang ada dalam unsur etika bisnis? ›

Berikut Contoh Penerapan dari Etika Bisnis Itu Sendiri
  • Menyebutkan Nama Klien dengan Baik. ...
  • 2. Hadir Tepat Waktu Saat Janji Temu. ...
  • 3. Berdiri Saat Berkenalan. ...
  • 4. Tidak Segan Mengucapkan Terimakasih. ...
  • Membayar Tagihan Rapat.
Jun 9, 2022

Apa yang dimaksud dengan Eudemonisme? ›

Eudaimonisme adalah pandangan hidup yang menganggap kebahagiaan sebagai tujuan segala tindak-tanduk manusia. Dalam eudaimonisme, pencarian kebahagiaan menjadi prinsip yang paling dasariah.

Apa yang dimaksud dengan profesi? ›

Jenis pekerjaan yang menuntut pendidikan dan keahlian khusus disebut profesi. Yang dapat digolongkan ke dalam kategori itu, antara lain, ialah pekerjaan seorang dokter, guru, pengacara, dan peneliti.

Apa yang dimaksud dengan etika dan profesi brainly? ›

Jawaban. Etika Profesi adalah sikap hidup berupa keadilan untuk memberikan pelayanan professional terhadap masyarakat dengan penuh ketertiban dan keahlian sebagai pelayanan dalam rangka melaksanakan tugas berupa kewajiban terhadap masyarakat.

Apa yang dimaksud dengan etika profesi dan berikan contohnya? ›

Secara umum, pengertian etika profesi adalah suatu sikap etis yang dimiliki seorang profesional sebagai bagian integral dari sikap hidup dalam mengembang tugasnya serta menerapkan norma-norma etis umum pada bidang-bidang khusus (profesi) dalam kehidupan manusia.

Apa perbedaan antara psikolog dan ilmuwan psikologi? ›

Magister (S2) Profesi Psikologi menempuh masa studi selama 5 semester atau minimal 2,5 tahun, serta paling lama 10 semester atau 5 tahun dan memiliki gelar (M.Psi, Psikolog). Seorang ahli psikologi yang tidak menempuh pendidikan profesi psikologi disebut ilmuwan psikologi.

Siapa yang harus menjaga data alat tes psikologi administrasi tes psikologi Skoring hasil tes psikologi dan interpretasi hasil tes asesmen psikologi? ›

Pasal 67: Menjaga Alat, Data, dan Hasil Asemen

Psikolog dan/atau Ilmuwan Psikologi wajib menjaga kelengkapan dan keamanan data hasil asesmen psikologi sesuai dengan kewenangan dan sistem pendidikan yang berlaku yang telah tertuang dalam kode etik ini.

Apakah ilmuwan psikologi klinis boleh melakukan asesmen dan psikoterapi? ›

"Ilmuwan psikologi tidak boleh melakukan asesmen, menegakkan diagnosa dan memberikan intervensi berupa psikoterapi untuk kasus-kasus psikologi, baik berat maupun ringan," ucap Humas Ikatan Psikologi Klinis Indonesia itu.

Sebutkan apa saja yang menjadi kewenangan sebagai ilmuwan psikologi dan psikolog? ›

a) Psikolog dan atau Ilmuwan Psikologi membuat, menyimpan (mengarsipkan), menjaga, memberikan catatan dan data yang berhubungan dengan penelitian, praktik, dan karya lain sesuai dengan hukum yang berlaku dan dalam cara yang sesuai dengan ketentuan Kode Etik Psikologi Indonesia.

Kapankah awal terbentuknya kode etik psikologi? ›

Kode Etik Psikologi yang kita kenal saat ini dibahas dalam pertemuan di Bandung pada tanggal 22 Oktober 2000. HIMPSI merumuskan Kode Etik Psikologi di tahun tersebut dengan tujuan agar ilmu psikologi dapat diterima lebih luas oleh masyarakat Indonesia.

Apa yang dimaksud dengan kalimat majemuk hubungan? ›

Pasal 16: Hubungan Majemuk

Adapun yang dimaksud dengan hubungan majemuk dalam hal ini adalah: Hubungan yang terjadi diantara psikolog/ilmuwan psikologi yang berperan sebagai psikolog/ilmuwan psikologi namun di waktu yang sama juga mempunyai peran yang lain terhadap orang yang sama.

Apa yang harus dimiliki seorang psikolog? ›

5 Ketrampilan Yang Harus Dimiliki Psikolog Profesional
  1. Kemampuan Komunikasi Yang Baik. ...
  2. Mampu Menyimpan Rahasia Pasien. ...
  3. Memiliki Kesabaran Yang Lebih. ...
  4. Kemampuan Mendengarkan Yang Baik. ...
  5. Memiliki Jiwa Support Tinggi Pada Pasien.
May 14, 2019

Apa yang harus dilakukan untuk menjadi psikolog? ›

Jangan-jangan kamu salah satunya!
  1. Wajib ambil S1 Psikologi. ...
  2. Menyelesaikan pendidikan S1 Psikologi. ...
  3. 3. Lanjut S2 Psikologi Profesi. ...
  4. Pilih peminatan untuk S2. ...
  5. Mengikuti praktek kerja profesi psikologi. ...
  6. 6. Mengikuti Sidang Profesi. ...
  7. 7. Mendaftar keanggotaan HIMPSI. ...
  8. Mengurus Surat Ijin Praktek Psikologi (SIPP)
Feb 22, 2021

Apa saja yang dilakukan asisten psikolog? ›

Asisten Psikolog yang memiliki kemampuan membantu tugas Psikolog dalam bidang psikologi terapan meliputi administrasi dan skoring tes, asesmen awal, dan intervensi non klinis.

Sebutkan lima langkah kaidah metode ilmiah dalam metode penelitian psikologi? ›

Terdapat lima langkah dasar atau tahapan dalam penulisan metode ilmiah.
...
Tahapan Metode Ilmiah
  • Merumuskan Masalah. ...
  • Mengumpulkan Informasi. ...
  • Menyusun Hipotesis. ...
  • Melakukan Percobaan. ...
  • Menganalisis Data. ...
  • 6. Membuat Kesimpulan.
Oct 29, 2019

Dalam hal apa saja metode observasi digunakan dalam dunia psikologi? ›

Teknik observasi ini digunakan dalam hal psikologi yang berkaitan dengan peradilan, lembaga pemasyarakatan, atau tempat rehabilitasi unutk membantu proses peradilan supaya permasalahan psikologi yang dialami oleh seseorang dapat menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

Apa itu metode introspeksi? ›

Wawas diri (bentuk tidak baku: mawas diri), introspeksi, atau refleksi diri adalah proses pengamatan terhadap diri sendiri dan pengungkapan pemikiran dalam yang disadari, keinginan, dan sensasi.

Apa tujuan dari metode penelitian? ›

Manfaat Metodologi Penelitian

Menggunakan metodologi, peneliti dapat memudahkan pekerjaannya agar sampai pada tahap pengambilan keputusan atau kesimpulan-kesimpulan. Menggunakan metodologi, para peneliti dapat mengatasi berbagai keterbatasan yang ada, misalnya keterbatasan waktu, biaya, tenaga, etik, dan lain-lain.

Apa itu studi kasus dalam metode psikologi pendidikan? ›

Studi kasus merupakan metode penyelidikan dalam psikologi pendidikan dengan mencari tahu latar belakang, ekonomi, budaya, fisik, dan mental anak yang sedang diteliti. Metode ini mungkin memerlukan tenaga yang cukup besar karena menginginkan data yang akurat dan waktu yang juga lama sampai bertahun- tahun.

Apa yang dimaksud dengan metode klinis dalam psikologi pendidikan? ›

Metode klinismetode ini hamper sama dengan metode observasi, namun khusus dilakukan pada anak-anak dengan mengamati mereka, mengajak berbicara dan juga memberi mereka pertanyaan. Metode ini digunakan dengan pertimbangan bahwa anak-anak belum bisa menjawab pertanyaan dengan lancar.

Kapan digunakan metode klinis? ›

Metode Klinis

-> Studi kasus klinis: digunakan untuk menyelesaikan masalah disamping kesukaran belajar, gangguan emosional, juga untuk masalah kenakalan remaja.

Siapa yang berhak melakukan diagnosis psikologis? ›

Penyakit psikologis dapat ditentukan dengan diagnosa oleh dokter dan ahli kesehatan mental. Metodenya dapat dilakukan dengan cara mengumpulkan, menganalisis, lalu mendiagnosis. Diagnosis penyakit psikologis, seperti kleptomania membutuhkan bantuan psikiater dan psikolog.

Sebutkan 3 Kode Etik Penelitian menurut apa American Psychology Association *? ›

Kode Etik Psikolog Menurut APA (American Psychological...
  • Tanggung Jawab. Psikolog menghargai objektivitas dan intregitas dalam setiap penyediaan pelayanan. ...
  • Kompetensi. ...
  • Standar Moral dan Hukum. ...
  • Pertanyaan Publik. ...
  • Konfidensialitas. ...
  • Kesejahteraan Pengguna. ...
  • Relasi Profesional. ...
  • Penggunaan Teknik-teknik Assesment.
Apr 29, 2014

Ilmu yang mempelajari perilaku manusia atau tingkah laku manusia adalah? ›

Psikologi dapat didefinisikan secara singkat sebagai ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dan hubungan-hubungan antar manusia.

Apa yang dimaksud dengan egoisme etis? ›

Egoisme etis adalah tindakan yang dilandasi oleh kepentingan diri sendiri (self-interst). Jadi yang membedakan tindakan berkutat diri (egoisme psikologis) dengan tindakan untuk kepentingan diri (egoisme etis) adalah pada akibatnya terhadap orang lain.

Videos

1. Etika Riset Manusia Dalam Penelitian Psikologi
(Juneman Abraham)
2. Etika dalam Konseling
(Sapa Psikologi)
3. Etika Penelitian - Dr. Endah Saptutyningsih
(Ekonomi UMY)
4. Etika Dalam Assesmen dan Intervensi Psikologis (Role Play)
(Euodia Pamela)
5. Nilai dan Etika Dalam Psikologi
(Ade Lestari)
6. Pengertian Etika
(Politeknik LP3I Kampus Tasikmalaya)

Top Articles

Latest Posts

Article information

Author: Lilliana Bartoletti

Last Updated: 01/07/2023

Views: 5251

Rating: 4.2 / 5 (53 voted)

Reviews: 92% of readers found this page helpful

Author information

Name: Lilliana Bartoletti

Birthday: 1999-11-18

Address: 58866 Tricia Spurs, North Melvinberg, HI 91346-3774

Phone: +50616620367928

Job: Real-Estate Liaison

Hobby: Graffiti, Astronomy, Handball, Magic, Origami, Fashion, Foreign language learning

Introduction: My name is Lilliana Bartoletti, I am a adventurous, pleasant, shiny, beautiful, handsome, zealous, tasty person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.