Etika Adalah Salah Satu Cabang Ilmu Filsafat Tentang Nilai, Berikut Selengkapnya | merdeka.com (2022)

Sabtu, 3 Oktober 2020 13:15Reporter : Ani Mardatila

Etika Adalah Salah Satu Cabang Ilmu Filsafat Tentang Nilai, Berikut Selengkapnya | merdeka.com (1) Ilustrasi belajar. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/donatas1205

Merdeka.com - Filsafat etika atau moral adalah cabang filsafat yang melibatkan sistematisasi, membela, dan merekomendasikan konsep perilaku benar dan salah. Istilah etika berasal dari kata Yunani Kuno ethikos, yang berasal dari kata ethos (kebiasaan). Cabang aksiologi filsafat terdiri dari sub cabang etika dan estetika, masing-masing berkaitan dengan nilai.

Sebagai cabang filsafat, etika menyelidiki pertanyaan "Apa cara terbaik bagi orang untuk hidup?" dan "Tindakan apa yang benar atau salah dalam keadaan tertentu?"

Etika Adalah Salah Satu Cabang Ilmu Filsafat Tentang Nilai, Berikut Selengkapnya | merdeka.com (2)

Dalam praktiknya, etika berusaha untuk menyelesaikan pertanyaan tentang moralitas manusia, dengan mendefinisikan konsep-konsep seperti baik dan jahat, benar dan salah, kebajikan dan keburukan, keadilan dan kejahatan. Sebagai bidang penyelidikan intelektual, filsafat moral juga terkait dengan bidang psikologi moral, etika deskriptif, dan teori nilai.

Meskipun etika selalu dipandang sebagai cabang filsafat, sifat praktisnya yang mencakup semua menghubungkannya dengan banyak bidang studi lainnya, termasuk antropologi, biologi, ekonomi, sejarah, politik, sosiologi, dan teologi.

BACA JUGA:
Pertumbuhan Gigi Anak Lengkap dengan Fasenya, Ketahui Jenis dan Cara MerawatnyaDapat Kritikan dari Banyak Pihak, Baim Wong Akhirnya Lepas Citayam Fashion Week

Namun, etika tetap berbeda dari disiplin ilmu semacam itu karena ini bukanlah masalah pengetahuan faktual sebagaimana ilmu dan cabang penyelidikan lainnya. Sebaliknya, ini berkaitan dengan menentukan sifat teori normatif dan menerapkan seperangkat prinsip ini pada masalah moral praktis.

(Video) 251 # AKSIOLOGI - FILSAFAT NILAI !!!

Berikut tentang etika selengkapnya beserta fungsinya dalam berkehidupan:

2 dari 5 halaman

Apakah etika itu?

Melansir dari BBC, etika sederhananya, etika adalah sistem prinsip moral.Mereka memengaruhi cara orang membuat keputusan dan menjalani hidup mereka.

Etika berkaitan dengan apa yang baik bagi individu dan masyarakat dan juga digambarkan sebagai filosofi moral.

BACA JUGA:
3 Cerita Lucu Abu Nawas yang Menjengkelkan dan Penuh Makna6 Tahun Menduda, Begini Cara Sahrul Gunawan Atasi Kesepiannya

Etika mencakup dilema berikut:

  • bagaimana menjalani hidup yang baik
  • hak dan tanggung jawab kami
  • bahasa benar dan salah
  • keputusan moral - apa yang baik dan buruk?

Konsep etika kita diturunkan dari agama, filosofi, dan budaya.Mereka memasukkan perdebatan tentang topik-topik seperti aborsi, hak asasi manusia dan perilaku profesional.

Rushworth Kidder menyatakan bahwa "definisi standaretikabiasanya memasukkan frasa seperti 'ilmu tentang karakter manusia yang ideal' atau 'ilmu tentang kewajiban moral'".

Richard William Paul dan Linda Elder mendefinisikan etika sebagai "sekumpulan konsep dan prinsip yang membimbing kita dalam menentukan perilaku apa yang membantu atau merugikan makhluk hidup".

BACA JUGA:
6 Manfaat Serum Wajah bagi Kesehatan Kulit, Cegah PenuaanMurah Banget, Ibu Ini Jual Semangkuk Bubur Lengkap Hanya Rp1.000

(Video) Filsafat Kelompok 2

TheCambridge Dictionary of Philosophymenyatakan bahwa kata etika "biasa digunakan bergantian dengan 'moralitas' ... dan kadang-kadang digunakan lebih sempit berarti prinsip-prinsip moral tradisi tertentu, kelompok atau perorangan."

Pendekatan etika

Para filsuf saat ini cenderung membagi teori etika menjadi tiga bidang: metaetika, etika normatif, dan etika terapan.

  • Meta-etika berhubungan dengan sifat penilaian moral.Ini melihat asal dan makna prinsip-prinsip etika.
  • Etika normatif berkaitan dengan isi penilaian moral dan kriteria apa yang benar atau salah.
  • Etika terapan melihat topik kontroversial seperti perang, hak-hak hewan, dan hukuman mati

3 dari 5 halaman

Meta-etika

Meta-etika bertanya bagaimana kita memahami, mengetahui tentang, dan apa yang kita maksud ketika kita berbicara tentang apa yang benar dan apa yang salah.Sebuah pertanyaan etis yang tertuju pada beberapa pertanyaan praktis tertentu, seperti, "Haruskah saya makan sepotong kue cokelat ini?" - tidak bisa menjadi pertanyaan meta-etis.

Melansir dari Humanities Libretext, pertanyaan meta-etika bersifat abstrak dan berhubungan dengan berbagai pertanyaan praktis yang lebih spesifik.Misalnya, "Apakah mungkin memiliki pengetahuan yang aman tentang apa yang benar dan salah?"akan menjadi pertanyaan meta-etika.

BACA JUGA:
Viral Polisi Merantau Selama 4 Tahun, Langsung Sujud di Kaki Ibu saat BertemuFenomena CFW di Medan, Gubernur Edy: Jalan Kok Dipakai untuk Melenggak-Lenggok

Meta-etika selalu menyertai etika filosofis.Misalnya, Aristoteles menyiratkan bahwa pengetahuan yang kurang tepat dimungkinkan dalam etika daripada dalam bidang penyelidikan lainnya, dan dia menganggap pengetahuan etika bergantung pada kebiasaan dan akulturasi dengan cara yang membuatnya berbeda dari jenis pengetahuan lain.

Meta-etika juga penting dalamPrincipia EthicaGE Mooredari tahun 1903. Di dalamnya dia pertama kali menulis tentang apa yang dia sebutsebagai kesalahan naturalistik.Moore terlihat menolak naturalisme dalam etika, dalam Open Question Argument-nya.Hal ini membuat para pemikir melihat kembali pertanyaan tingkat dua tentang etika.Sebelumnya, filsuf Skotlandia David Hume mengemukakan pandangan serupa tentang perbedaan antara fakta dan nilai.

Studi tentang bagaimana kita tahu dalam etika terbagi menjadi kognitivisme dan non-kognitivisme;ini mirip dengan perbedaan antara penulis deskriptif dan non-deskriptif.Non-kognitivisme adalah klaim bahwa ketika kita menilai sesuatu sebagai benar atau salah, ini tidak benar atau salah.

Misalnya, kita mungkin hanya mengungkapkan perasaan emosional kita tentang hal-hal ini.Kognitivisme kemudian dapat dilihat sebagai klaim bahwa ketika kita berbicara tentang benar dan salah, kita berbicara tentang fakta.

(Video) Tugas kelompok 3 Tentang etika pada umumnyaa

BACA JUGA:
Gejala Impaksi Gigi Bungsu, Penyebab, Komplikasi, dan Cara MengobatinyaMemahami Toxic Feminity dan Dampaknya pada Perempuan Maupun Laki-laki

Ontologi etika adalah tentang benda atau sifat yang mengandung nilai, yaitu jenis benda atau benda yang dirujuk oleh proposisi etis.Non-deskriptif dan non-kognitivis percaya bahwa etika tidak memerlukan ontologi khusus, karena proposisi etika tidak merujuk.

Ini dikenal sebagai posisi anti-realis.Di sisi lain, kaum realis harus menjelaskan jenis entitas, properti, atau keadaan yang relevan dengan etika, bagaimana nilainya, dan mengapa mereka membimbing dan memotivasi tindakan kita.

4 dari 5 halaman

Etika Normatif

Etika normatif adalah studi tentang tindakan etis.Ini adalah cabang etika yang menyelidiki serangkaian pertanyaan yang muncul ketika mempertimbangkan bagaimana seseorang harus bertindak, secara moral.Etika normatif berbeda dari meta-etika karena ia memeriksa standar untuk benar dan salahnya tindakan, sedangkan meta-etika mempelajari makna bahasa moral dan metafisika fakta moral.

Etika normatif juga berbeda dari etika deskriptif, karena etika deskriptif merupakan penyelidikan empiris atas kepercayaan moral masyarakat.Dengan kata lain, etika deskriptif berkaitan dengan menentukan proporsi orang yang percaya bahwa membunuh selalu salah, sedangkan etika normatif berkaitan dengan apakah benar untuk memegang keyakinan semacam itu.Karenanya, etika normatif kadang-kadang disebut preskriptif, bukan deskriptif.

Namun, secara tradisional, etika normatif (juga dikenal sebagai teori moral) adalah studi tentang apa yang membuat tindakan menjadi benar dan salah.Teori-teori ini menawarkan prinsip moral menyeluruh yang dapat digunakan seseorang dalam menyelesaikan keputusan moral yang sulit.

Pada pergantian abad ke-20, teori moral menjadi lebih kompleks dan tidak lagi hanya mementingkan kebenaran dan kesalahan, tetapi tertarik pada berbagai jenis status moral.Selama pertengahan abad ini, studi tentang etika normatif menurun karena meta-etika semakin menonjol.Fokus pada meta-etika ini sebagian disebabkan oleh fokus linguistik yang intens dalam filsafat analitik dan oleh popularitas positivisme logis.

Pada 1971, John Rawls menerbitkanA Theory of Justice, yang patut diperhatikan dalam pencariannya terhadap argumen moral dan menghindari meta-etika.Publikasi ini mengatur tren minat baru dalam etika normatif.

5 dari 5 halaman

Fungsi Etika

Jika teori etika bermanfaat dalam praktik, mereka perlu memengaruhi cara manusia berperilaku.

(Video) ETIKA DALAM PUBLIC SPEAKING

Beberapa filsuf berpikir bahwa etika melakukan ini.Mereka berpendapat bahwa jika seseorang menyadari bahwa melakukan sesuatu adalah hal yang baik secara moral, maka tidak rasional bagi orang tersebut untuk tidak melakukannya.

Tetapi manusia sering berperilaku tidak rasional, mereka mengikuti 'insting' mereka bahkan ketika kepala mereka menyarankan tindakan yang berbeda.

Namun, etika memang menyediakan alat yang baik untuk memikirkan masalah moral.

Etika dapat memberikan peta moral

Sebagian besar masalah moral membuat kita bekerja keras, pikirkan tentang aborsi dan eutanasia sebagai permulaan.Karena ini adalah masalah emosional, kita sering membiarkan hati kita berdebat sementara otak kita mengikuti arus.

Tetapi ada cara lain untuk mengatasi masalah ini, dan di situlah filsuf dapat masuk, mereka menawarkan kepada kita aturan dan prinsip etika yang memungkinkan kita untuk mengambil pandangan yang lebih dingin tentang masalah moral.

Jadi, etika memberi kita peta moral, kerangka kerja yang dapat kita gunakan untuk menemukan jalan melalui masalah yang sulit.

Etika bisa menunjukkan ketidaksepakatan

Dengan menggunakan kerangka etika, dua orang yang memperdebatkan suatu masalah moral sering kali dapat menemukan bahwa apa yang tidak mereka setujui hanyalah satu bagian tertentu dari masalah tersebut, dan bahwa mereka secara luas menyetujui hal lainnya.

Hal itu dapat melemahkan argumen, dan terkadang bahkan mengisyaratkan cara bagi mereka untuk menyelesaikan masalah mereka.

Tapi terkadang etika tidak memberikan bantuan yang benar-benar mereka inginkan.

Etika tidak memberikan jawaban yang benar

Etika tidak selalu menunjukkan jawaban yang benar atas masalah moral.

Memang semakin banyak orang berpikir bahwa untuk banyak masalah etika tidak ada satu jawaban yang benar, hanya seperangkat prinsip yang dapat diterapkan pada kasus tertentu untuk memberi mereka yang terlibat beberapa pilihan yang jelas.

Beberapa filsuf melangkah lebih jauh dan mengatakan bahwa yang dapat dilakukan oleh etika hanyalah menghilangkan kebingungan dan memperjelas masalah.Setelah itu, terserah masing-masing individu untuk mengambil kesimpulan sendiri.

Etika dapat memberikan beberapa jawaban

Banyak orang ingin ada satu jawaban yang benar untuk pertanyaan etis.Mereka merasa ambiguitas moral sulit untuk dijalani karena mereka benar-benar ingin melakukan hal yang 'benar', dan bahkan jika mereka tidak dapat menentukan hal yang benar itu, mereka menyukai gagasan bahwa 'di suatu tempat' ada satu jawaban yang benar.

Tetapi seringkali tidak ada satu jawaban yang benar, mungkin ada beberapa jawaban benar, atau hanya beberapa jawaban paling buruk, dan individu harus memilih di antara jawaban-jawaban tersebut.

Bagi orang lain ambiguitas moral itu sulit karena memaksa mereka untuk bertanggung jawab atas pilihan dan tindakan mereka sendiri, daripada jatuh kembali pada aturan dan kebiasaan yang sesuai.

[amd]

(Video) IPS Norma Sosial & Isu global

FAQs

Seperti apa etika dalam filsafat? ›

Etika adalah cabang dari filsafat yang membicarakan tentang nilai baik- buruk. Etika disebut juga Filsafat Moral. Etika membicarakan tentang pertimbangan- pertimbangan tentang tindakan-tindakan baik buruk, susila tidak susila dalam hubungan antar manusia.

Apa itu etika Menurut Para Ahli? ›

Pengertian Etika Menurut Para Ahli

Pengertian etika adalah nilai-nila dan norma-norma moral, yang jadi pegangan seseorang atau suatu kelompok untuk mengatur perilaku. W. J. S. Poerwadarminto berpendapat, pengertian etika adalah ilmu pengetahuan tentang asas-asas akhlak atau moral.

Etika merupakan cabang filsafat moral menurut siapa? ›

Arti terakhir tersebut menjadi latar belakang terbentuknya istilah “etika” yang digunakan oleh filsuf besar Yunani Aristoteles (384-322 SM) untuk menunjukkan filsafat moral. Jadi, secara etimologis “etika” berarti ilmu tentang apa yang biasa dilakukan, atau ilmu tentang adat kebiasaan.

Apa saja yang termasuk etika? ›

Macam-Macam Etika
  • Etika Deskriptif. Adalah etika yang memberikan dasar sebagai acuan, untuk keputusan tentang perilaku atau sikap yang mau diambil. ...
  • Etika Normatif. Merupakan etika yang menetapkan pola perilaku ideal, seharusnya dimiliki manusia dan memberikan nilai. ...
  • Metaetika atau Meta.
Dec 27, 2021

Apa hubungannya etika dan filsafat? ›

Etika merupakan cabang dari Filsafat terutama yang membahas mengenai perilaku manusia. Sebagai cabang dari filsafat, etika merupakan proses berpikir mengenai penilaian baik buruknya perilaku manusia (filsafat tingkah laku) beserta persoalan-persoalan dan pembenaran-pembenarannya.

Mengapa etika harus dipelajari dalam filsafat? ›

Tujuan etika dalam pandangan filsafat adalah “idealitas” yang sama bagi seluruh manusia di setiap waktu dan tempat dalam usaha untuk mencapai tujuan ini, etika mengalami kesukaran oleh karena fisik dan anggapan orang terhadap perbuatan itu baik atau buruk yakni sangat relatif sekali, karena setiap orang atau golongan ...

Bagaimana pengertian etika menurut Drs Sidi Gajalba? ›

2. Drs. Sidi Gazalba dalam sistematika filsafat: etika adalah teori tentang tingkah laku perbuatan manusia dipandang dari segi baik dan buruk, sejauh yang dapat ditentukan oleh akal.

Bagaimanakah pengertian etika menurut Drs? ›

PENGERTIAN ETIKA. - Drs. O.P. SIMORANGKIR : etika atau etik sebagai pandangan manusia dalam berprilaku menurut ukuran dan nilai yang baik.

Apa itu etika menurut Bertens? ›

Menurut Bertens ada dua pengertian etika: sebagai praktis dan sebagai refleksi. Sebagai praktis, etika berarti nilai- nilai dan norma- norma moral yang baik yang dipraktikkan atau justru tidak dipraktikkan, walaupun seharusnya dipraktikkan.

Apa yang dimaksud dengan filsafat moral? ›

Merdeka.com - Filsafat etika atau moral adalah cabang filsafat yang melibatkan sistematisasi, membela, dan merekomendasikan konsep perilaku benar dan salah. Istilah etika berasal dari kata Yunani Kuno ethikos, yang berasal dari kata ethos (kebiasaan).

Mengapa seorang ilmuwan harus memiliki etika dan moral? ›

Etika atau moral dan estetika yang menjadi ajaran dasar agama harus tertanam dalam diri ilmuwan, supaya mereka mempunyai landasan moral dalam melakukan aktifitas keilmuannya, sehingga mereka mampu memberikan yang terbaik bagi umat dan lingkungan, serta mampu dipertanggungjawabkan di depan Tuhan.

Mengapa etika di samakan dengan moral? ›

Bila kita membandingkan dengan arti kata 'etika', maka secara etimologis, kata 'etika' sama dengan kata 'moral' karena kedua kata tersebut sama-sama mempunyai arti yaitu kebiasaan,adat.

Apa saja etika etika dalam masyarakat dan jelaskan? ›

ETIKA BERMASYARAKAT
  • Tidak meludah didepan orang lain.
  • Berbahasa yang baik dan sopan.
  • Menggunakan pakaian yang pantas sesuai keadaan.
  • Tidak mendengarkan orang yang sedang menerangkan pelajaran.
  • Tidak berkata kasar apalagi kepada kedua orang tua.
  • Suka mencaci maki orang lain.
Nov 23, 2018

Apa saja yang dipelajari dalam etika? ›

Dengan begitu, Etika adalah ilmu yang mempelajari baik dan buruknya serta kewajiban, hak, dan tanggung jawab, baik itu secara sosial maupun moral, pada setiap individu di dalam kehidupan bermasyarakatnya.

Apa saja yang termasuk etika sosial? ›

Bersikap Lebih Sopan, Ini 13 Etika Sosial yang Harus Kamu Patuhi
  1. Kamu bisa katakan ''Tolong'' dan ''Terima kasih'' pada orang-orang yang ada disekitarmu. ...
  2. Jangan jadi orang yang pelit senyum. ...
  3. Pusatkan perhatianmu pada orang yang sedang berbicara denganmu. ...
  4. Jangan suka memotong antrean!
May 5, 2019

Jelaskan apakah ada hubungan antara etika moral dan filsafat? ›

Etika merupakan penilaian baik atau buruk anatar hubungan manusia. sedangkan moral lebih condong ke pada tindakan atau perbuatan yang sedang nilai, jadi etika merupakan cabang filsafat yang membahas tentang nilai (moral) yang berlaku dikehidupan bermasyarakat.

Apa kaitannya etika dengan filsafat hukum? ›

Filsafat Hukum adalah Kajian terhadap hukum secara filsafat; Mengkaji hukum hingga sampai inti (hakikat) dari hukum. Etika adalah bagian dari filsafat (khususnya filsafat nilai / aksiologi); yaitu suatu disiplin ilmu membahas prilaku baik dan buruk, benar dan salah, serta tepat dan tidak tepat.

Apa hubungan etika dengan ilmu pengetahuan? ›

Dalam penggunaan ilmu pengetahuan memerlukan pemahaman etika dan norma untuk menentukan apakah ilmu pengetahuan tersebut baik atau buruk. Selain itu etika dan norma juga menjadi landasan perkembangan ilmu pengetahuan dimana dalam perkembangannya harus sesuai dengan etika dan norma yang sudah melekat padamasyarakat.

Mengapa etika itu sangat penting? ›

Etika berdampak pada perilaku dan memungkinkan individu untuk membuat pilihan yang tepat. Etika juga berperan dalam mengatur hidup dan bertindak secara bertanggung jawab. Pentingnya etika tidak dapat diabaikan dalam banyak lini kehidupan, termasuk mempraktikannya di bidang pendidikan dan pekerjaan.

Apa fungsi dari etika? ›

Fungsi etika adalah sebagai tempat mendapatkan orientasi kritis yang berhadapan dengan beragam kedaan moralitas yang membingungkan. Selain itu, etika juga berfungsi menunjukan adanya keterampilan intelektual. Keterampilan intelektual adalah sebuah keterampilan untuk berargumentasi dengan rasional dan kritis.

Jelaskan apa yang dimaksud etika Menurut Soegarda Poerbakawatja? ›

Salah satu tokoh pendidikan di Indonesia sekaligus pendiri beberapa universitas di Indonesia, Soegarda Poerbakawatja menjelaskan pengertian etika adalah sebuah filsafat yang berkaitan dengan nilai-nilai, tentang baik dan buruknya tindakan dan kesusilaan.

Apakah yang dimaksud dengan etika menurut pendapat Bapak Magnis Suseno? ›

Menurut Suseno, etika merupakan ilmu atau refleksi sistematik berkaitan dengan pendapat-pendapat, norma-norma, dan istilah-istilah moral.

Etika adalah teori tentang tingkah laku perbuatan manusia dipandang dari seg baik dan buruk sejauh yang dapat ditentukan oleh akal adalah definisi menurut? ›

Pengertian etika adalah ilmu yang mencari orientasi atau ilmu yang memberikan arah dan pijakan dalam tindakan manusia. 3. Drs. Sidi Gajalba. Pengertian etika adalah teori tentang perilaku atau perbuatan manusia yang dipandang dari segi baik dan buruknya sejauh mana dapat ditentukan oleh akal manusia.

Etika merupakan hal untuk mempertimbangkan suatu tingkah laku manusia untuk mengambil suatu keputusan Pernyataan ini dikemukakan oleh siapa? ›

Menurut Kattsoff, etika sebenarnya lebih banyak bersangkutan dengan prinsip-prinsip dasar pembenaran dalam hubungan tingkah laku manusia. Etika adalah mempertimbangkan atau memperhatikan suatu tingkah laku manusia di dalam mengambil keputusan yang berhubungan dengan moral.

Apa arti etika Secara etimologis? ›

Pengertian etika secara etimologis dari kata “ethos” memiliki arti sifat, watak, adat, kebiasaan, dan tempat yang baik. Merujuk serapan bahasa Yunani tersebut, pengertian etika secara etimologis dari etika adalah timbul dari kebiasaan.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan etika sosial? ›

Etika Sosial merupakan suatu etika sehubungan dengan relasi manusia dengan sesamanya dalam sosietas (masyarakat). Etika Sosial menunjuk pada etika yang berkenaan dengan suatu sosietas yang secara khusus berhubungan dengan pengaturan secara normatif relasi-relasi sosial dalam rangka tatanan hidup bersama.

Jelaskan apa yang dimaksud etika Menurut OP Simorangkir? ›

Drs. O.P. Simorangkir, etika atau etik sebagai pandangan manusia dalam berprilaku menurut ukuran dan nilai yang baik. Drs. Sidi Gajalba dalam sistematika filsafat, etika adalah teori tentang tingkah laku perbuatan manusia dipandang dari segi baik dan buruk, sejauh yang dapat ditentukan oleh akal.

Apa itu etika normatif dan contohnya? ›

Etika normatif tidak dapat sekadar melukiskan susunan - susunan formal kesusilaan, namun juga menunjukkan perilaku manakah yang baik buruk. Contoh dari etika normatif adalah etika yang bersifat individual seperti kejujuran, disiplin, dan tanggung jawab.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan moral? ›

Moral adalah ajaran tentang laku hidup yang baik berdasarkan pandangan hidup atau agama tertentu. 3. Moral sebagai tingkah laku hidup manusia, yang mendasarkan pada kesadaran, bahwa ia terikat oleh keharusan untuk mencapai yang baik , sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam lingkungannya.

Apa perbedaan etika dan moral dalam ilmu pengetahuan filsafat? ›

Dari penjelasan singkat tersebut dapat dipahami bahwa etika lebih berlaku secara luas untuk menilai baik dan buruknya suatu hal. Sedangkan moral digunakan secara personal untuk mengetahui sesuatu hal termasuk benar atau salah. Selain itu, masih terdapat perbedaan etika dan moral lain yang perlu diketahui.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan filsafat? ›

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, filsafat adalah pengetahuan dan penyelidikan dengan akal budi mengenai hakikat segala yang ada, sebab, asal, dan hukumnya.

Mengapa seorang ilmuwan harus mempunyai tanggung sosial dan moral? ›

Seorang ilmuwan mempunyai tanggung jawab sosial, bukan saja karena dia adalah warga masyarakat yang kepentingannya terlibat secara langsung di masyarakat namun yang lebih penting adalah karena dia mempunyai fungsi tertentu dalam kelangsungan hidup bermasyarakat.

Mengapa dan apa tujuan dari adanya etika dalam dunia keilmuan? ›

Tujuan etika keilmuan adalah agar seorang ilmuan dapat menerapkan prinsip-prinsip moral, yaitu prinsip yang baik dan menghindarkan dari anasir buruk ke dalam prilaku keilmuannya, sehingga ia dapat menjadi ilmuan yang dapat mempertanggung jawabkan prilaku ilmiahnya.

Mengapa calon ilmuwan wajib mengembangkan suara hati dan moralitas? ›

Sebagai calon ilmuan kita harus mengembangkan suara hati karena suara hati mewakili nilai yang amat murni dalam diri pribadi dan sangat sulit dikompromikan dengan determinan luar. Dan jika suara hati berkembang maka muncullah nilai kemanusian yang sesungguhnya.

Mengapa moral dan etika yang baik sangat diperlukan dalam kehidupan sehari hari? ›

Padahal etika dan moral itu adalah hal yang sangat penting, karena jika etika dan moral kita kurang, lemah, dan kita tidak peduli tidak memperbaiki nya maka hal itu akan merusak kepribadian kita secara perlahan.

Apakah etika dan moral memiliki pengertian yang sama atau berbeda? ›

Moral adalah kewajiban yang harus dimiliki oleh setiap individu. Sedangkan etika tidak harus dimiliki oleh setiap individu namun akan lebih baik apabila manusia tersebut memiliki etika. Sifat dari moral adalah normatif-imperative. Sedangkan etika memiliki sifat yang normatif-sistematis (filosofis).

Apakah moral dan moralitas itu sama? ›

Dari ketiga pendapat tersebut dapat disimpulkan moral adalah ajaran atau pedoman yang dijadikan landasan untuk bertingkah laku dalam kehidupan agar menjadi manusia yang baik atau beraklak. Moralitas adalah kualitas dalam perbuatan manusia yang menunjukan bahwa perbuatan itu benar atau salah, baik atau buruk.

Apa yang dimaksud dengan etika dalam kehidupan bermasyarakat? ›

Etika dalam arti sempit sering dipahami masyarakat sebagai sopan santun. Sedangkan etika secara umum/luas adalah suatu norma atau aturan yang dipakai sebagai pedoman dalam berperilaku di masyarakat bagi seseorang terkait dengan sifat baik dan buruk.

Bagaimana penerapan etika dalam kehidupan bermasyarakat? ›

Dalam bersosialisasi di masyarakat, manusia memerlukan etika sebagai pedoman dalam berkata dan berpikir sehingga hala ini tentunya suatu kebiasaan yang baik yang dianut sehingga dapat diwariskan dari generasi ke generasi. Dengan etika ini sangat membantu dalam menginterprestasikan ajaran agama yang saling bertentangan.

Bagaimana penerapan etika yang baik dalam kehidupan sehari hari? ›

Penerapan nilai-nilai etika dalam kehidupan sehari-hari :

Etika ketika dengan orang yang lebih tua : hormat, sopan dan santun, tidak bersikap melawan atau menentang ketika ada perselisihan. Etika kepada orang yang berbeda agama : saling menghormati dan toleransi. Etika dalam berpakaian : sopan, sesuaikan dengan tempat.

Apa itu etika deskriptif dan contohnya? ›

Etika deskriptif adalah Etika tentang Kenyataan yang terjadi dalam Kehidupan manusia. Contoh Etika Deskriptif : √ Menjaga Sopan Santun ketika berbicara di depan Publik. √ Berpikir Rasional dalam Pengambilan Keputusan.

Bagaimana proses pembentukan etika? ›

1. Secara alamiah terbentuk dari dalam (internal) diri manusia karena pemahaman dan keyakinan terhadap suatu nilai-nilai tertentu (khususnya agama / religi). 2. Diciptakan oleh aturan-aturan eksternal yang disepakati secara kolektif, misalnya sumpah jabatan, disiplin, dan sebagainya.

Apa yang dimaksud dengan etika? ›

etika berasal dari kata 'etikhos' bahasa Yunani yang memiliki secara umum menjadi salah satu cabang filsafat yang mempelajari standar moral manusia di suatu lingkungan tertentu. etika berstandar relatif karena ia berikatan dengan ruang dan waktu serta konteks dimana ia berada.

Apa perbedaan antara etika dan moral? ›

Berdasarkan pengertian moral dan etika yang sudah dijelaskan di atas, dapat kita simpulkan bahwa moral dan etika merupakan dua hal yang berbeda, terutama pada luas cakupannya. Moral bersifat lebih individual, sedangkan etika berlaku dalam kelompok sosial.

Videos

1. Webinar S3 Hukum UNDIP
(S3 Hukum UNDIP Official)
2. SHORTCOURSE PENDAMPINGAN AKREDITASI JURNAL PTKIS TAHUN 2021
(LP2M UIN Ar-Raniry)
3. 17th Webinar "TETANUS CLINICAL APPROACH AND CHALLENGE ON ANTIBIOTIC RESISTANCE"
(Official FK UMS)
4. Hubungan Psikologi dengan Filsafat
(Erha Bi)
5. [LIVE] CAMPUS ON TV - PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT
(TVKU ch49 Universitas Dian Nuswantoro)
6. Pengertian dan Esensi Kode Etik Guru dan Etika Profesi Keguruan || (Kelompok 7)
(Pendidikan Matematika ULM 2019)

Top Articles

Latest Posts

Article information

Author: Dr. Pierre Goyette

Last Updated: 11/02/2022

Views: 5245

Rating: 5 / 5 (50 voted)

Reviews: 89% of readers found this page helpful

Author information

Name: Dr. Pierre Goyette

Birthday: 1998-01-29

Address: Apt. 611 3357 Yong Plain, West Audra, IL 70053

Phone: +5819954278378

Job: Construction Director

Hobby: Embroidery, Creative writing, Shopping, Driving, Stand-up comedy, Coffee roasting, Scrapbooking

Introduction: My name is Dr. Pierre Goyette, I am a enchanting, powerful, jolly, rich, graceful, colorful, zany person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.