Apa itu Etika: Pengertian, Jenis, Fungsi & Contohnya (2022)

Etika adalah suatu aturan yang digunakan sebagai pedoman dalam bertingkah laku di masyarakat dan terkait dengan sifat buruk serta baik. Di Indonesia yang kaya akan budaya dan suku bangsa ini, tentunya sangat menjunjung tinggi etika atau norma supaya bisa saling toleransi dan menghargai satu sama lain.

Cakupan dari norma ini cukup luas, di antaranya adalah bagaimana menjalani kehidupan yang baik dan buruk, bahasa salah dan benar, hak dan tanggung jawab, dan lain sebagainya. Konsepnya sendiri berasal dari filosofi, agama, dan budaya. Ingin tahu lebih lanjut mengenai pengertian etika serta fungsi dan jenisnya? Simak selengkapnya di sini.

BACA JUGA: Etika Profesi: Kenali Definisi, Prinsip, Fungsi dan Tujuannya

1. Pengertian etika menurut para ahli

Apa itu Etika: Pengertian, Jenis, Fungsi & Contohnya (1)

Supaya kita bisa lebih memahaminya, maka bisa merujuk pengertian etika adalah menurut para ahli. Berikut adalah beberapa pemahamannya menurut para ahli yang bisa Sedulur pelajari.

K. Bertens

Pengertian etika menurut K. Bertens adalah sebagai berikut.

  • Suatu nilai moral dan norma yang menjadi pedoman, baik bagi suatu kelompok maupun individu dalam mengatur perilaku atau tindakan. Maka bisa disimpulkan bahwa pengertian ini disebut juga sebagai sistem nilai yang ada di dalam hidup manusia, baik perorangan maupun bermasyarakat.
  • Sebuah ilmu yang berhubungan dengan baik dan buruknya manusia (moral).
  • Selain itu, artinya juga sebagai kumpulan nilai moral dan asas (kode etik).

Drs. H. Burhanudin Salam

Drs. H. Burhanuddin Salam menyampaikan pendapat bahwa pengertian dari etika adalah sebuah cabang ilmu filsafat yang membicarakan tentang suatu nilai-nilai dan norma yang bisa menentukan suatu perilaku manusia pada kehidupannya.

(Video) Apa itu Etika? Jenis-Jenis dan Contohnya

Soergarda Poerbakawatja

Soergarda Poerbakawatja berpendapat bahwa pengertian etika adalah suatu ilmu yang memberikan acuan, arahan, dan pijakan kepada suatu tindakan manusia.

H. A. Mustafa

Menurut H. A. Mustafa, pengertian arti dari norma ini merupakan ilmu yang menyelidiki mengenai suatu perilaku buruk dan baik dengan memperhatikan perbuatan dan sejauh apa yang bisa diketahui oleh akal serta pikiran manusia.

DR. James J. Spillane SJ

James berpendapat bahwa pengertiannya memperhatikan suatu tingkah laku manusia ketika mengambil keputusan yang memiliki hubungan dengan moral. Pengertiannya lebih mengarah pada penggunaan akal budi dengan objektivitas yang bertujuan untuk menentukan benar atau salahnya tingkah laku seseorang kepada yang lainnya.

Sumaryono

Sumaryono menyampaikan pendapat bahwa pengertiannya itu sebagai studi yang memberikan pembahasan tentang suatu kebenaran dari perilaku atau tindakan manusia atas fitrah atau kodrat yang memang telah melekat pada diri masing-masing.

Apa itu Etika: Pengertian, Jenis, Fungsi & Contohnya (2)

2. Macam etika menurut jenisnya

Apa itu Etika: Pengertian, Jenis, Fungsi & Contohnya (3)

Jika ditelusuri menurut jenisnya, terdapat dua macam etika yaitu deskriptif dan normatif. Berikut adalah penjelasan informasinya secara singkat.

  • Normatif merupakan jenis yang berusaha untuk menetapkan dan menentukan berbagai macam perbuatan, perilaku, dan sikap ideal yang seharusnya dimiliki oleh setiap pribadi dalam hidup ini.
  • Deskriptif merupakan jenis yang berusaha untuk memandang sebuah sikap dan perilaku individu, serta apa yang seseorang kejar dalam hidup atas perkara yang mempunyai nilai.

3. Berdasarkan lingkungannya

Apa itu Etika: Pengertian, Jenis, Fungsi & Contohnya (4)

Dari penjelasan pengertiannya menurut para ahli, bisa disimpulkan bahwa perilaku beretika adalah dilihat dari sisi baik dan buruknya. Terdapat dua jenis yang dikaji berdasarkan lingkungannya, antara lain individual dan sosial. Berikut adalah informasi lengkapnya.

(Video) Pengertian Etika

  • Individual merupakan sebuah etika yang mempunyai kaitan dengan kewajiban dan sikap dari seseorang atas dirinya sendiri.
  • Sosial merupakan jenis yang mempunyai kaitan mengenai sikap dan kewajiban, serta perilaku seseorang sebagai umat manusia.

4. Berdasarkan cakupannya

Apa itu Etika: Pengertian, Jenis, Fungsi & Contohnya (5)

Berdasarkan cakupannya, terdapat dua jenis etika yaitu khusus dan umum. Berikut adalah penjabarannya yang bisa dipahami.

  • Umum, memiliki kaitan dengan situasi maupun kondisi dasar tentang perilaku dan tindakan individu secara etis.
  • Khusus, menjadi suatu implementasi dari asas moral atau prinsip di dalam kehidupan individu secara istimewa.

BACA JUGA:

5. Tujuan etika

Apa itu Etika: Pengertian, Jenis, Fungsi & Contohnya (6)

Pengertian etika adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang membahas dan mempelajari norma serta nilai. Hal ini meliputi kebiasaan sopan santun serta moral dalam kehidupan sehari-hari. Dikutip dari buku Etika Bisnis: Prinsip dan Relevansi, berikut adalah beberapa tujuannya.

  • Merupakan sarana yang digunakan untuk berorientasi pada kehidupan manusia.
  • Memiliki kedalaman sikap, dapat melatih kemandirian serta tanggung jawab yang digunakan untuk kehidupan.
  • Menyampaikan kepada orang lain tentang bagaimana mereka menjadi individu yang lebih baik.
  • Mengelola pengembangan masyarakat untuk bisa menggapai kehidupan yang damai, harmonis, sejahtera, dan tertib.

6. Fungsi etika

Apa itu Etika: Pengertian, Jenis, Fungsi & Contohnya (7)

Pendekatan etika adalah pendekatan moralitas yang menonjolkan unsur dan norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat. Selain adanya pengertian tersebut, ada pula beberapa fungsinya yang perlu Sedulur ketahui. Ini dia daftarnya.

  • Membantu sebuah konsistensi.
  • Sebagai pembeda antara mana yang tidak boleh diubah dan boleh diubah.
  • Untuk menyelidiki dan menganalisis suatu permasalahan dan konflik sampai ke akar-akarnya.
  • Sebagai tempat untuk memperoleh suatu pandangan atau perspektif kritis yang berhadapan langsung dengan banyak moral yang tentunya membingungkan.
  • Berfungsi untuk menyelesaikan permasalahan, baik secara moral maupun secara sosial. Bentuk gagasan yang diperoleh terukur secara sistematis dan kritis.
  • Berguna sebagai orientasi etis serta pandangan yang perlu adanya mengambil suatu sikap yang wajar dalam menghadapi kondisi dan situasi masyarakat yang majemuk.
  • Untuk memperlihatkan dan menunjukkan keterampilan untuk berpikir jernih, yakni suatu kebolehan berpendapat secara rasional dan kritis.

7. Etika bisa memberikan beberapa jawaban

Apa itu Etika: Pengertian, Jenis, Fungsi & Contohnya (8)

Sebagian besar masyarakat menginginkan ada satu jawaban benar untuk pertanyaan yang diajukan dan berhubungan dengan etika. Mereka berpendapat bahwa ambiguitas moral susah untuk dijalani karena mereka benar-benar menginginkan untuk melakukan sesuatu hal yang benar.

Bahkan, jika mereka belum bisa menemukan sesuatu hal yang dianggap benar tersebut, maka mereka menyukai gagasan bahwa pada suatu tempat, terdapat satu jawaban yang benar. Namun, sering kali tidak ada satu pun jawaban yang benar. Mungkin, terdapat beberapa jawaban yang dianggap benar atau bahkan paling buruk. Kemudian, setiap pribadi harus memilih di antara mereka.

(Video) APA ITU ETIKA? | Pengertian, Fungsi, Sifat, Sumber & Perbedaan Etika, Moral, Akhlak | Anshar Akil

8. Etika tidak memberikan jawaban yang benar

Apa itu Etika: Pengertian, Jenis, Fungsi & Contohnya (9)

Etika tidak selalu memperlihatkan jawaban yang benar untuk berbagai persoalan mengenai moral. Memang, ada banyak orang yang berpikir bahwa untuk banyak persoalan mengenai norma dan nilai tidak ada jawaban yang benar. Alasannya, norma dan nilai merupakan seperangkat prinsip yang bisa diterapkan pada berbagai kasus tertentu yang berfungsi untuk memberikan peran yang jelas.

Beberapa filsuf yang membahasnya lebih lanjut berpendapat bahwa semua norma dan nilai ini mampu menghilangkan kebingungan individu dan bisa mengklarifikasi masalah. Setelah itu, terserah pribadi masing-masing untuk sampai pada kesimpulan yang mereka buat.

9. Etika bermanfaat untuk membuat sesuatu sesuai dengan aturan

Apa itu Etika: Pengertian, Jenis, Fungsi & Contohnya (10)

Etika adalah suatu hal yang bisa membuat pribadi memperlakukan orang lain sesuai dengan kadarnya. Artinya, individu yang bersangkutan akan dihukum sesuai dengan kesalahan yang sudah dia lakukan. Jika dia melakukan kesalahan yang kecil, maka hukuman yang akan diberikan cenderung ringan. Namun, jika melakukan kesalahan yang fatal atau besar, maka hukuman yang akan diberikan sesuai dengan perbuatannya yaitu berat.

Maka dari itu, penting suatu pribadi untuk bisa menyesuaikan diri ke dalam lingkungan yang ada. Misalnya, supaya bisa menciptakan lingkungan tempat tinggal yang damai, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan bersosialisasi.

BACA JUGA:

10. Etika bisa membantu untuk menyampaikan pendapat

Apa itu Etika: Pengertian, Jenis, Fungsi & Contohnya (11)

Sebelum membahas mengenai etika adalah dan contohnya, bisa diketahui bahwa manfaat dari perilaku ini salah satunya adalah membantu menyampaikan atau mengemukakan pendapat. Dalam suatu forum diskusi, tentu terdapat sebuah nilai dan norma ketika sedang menyampaikan pendapat maupun gagasan. Dengan begitu, terjadi sebuah kesepakatan antarindividu untuk bisa menghargai siapa pun itu yang ingin menyampaikan gagasannya.

Namun, penentuan kesepakatan tersebut haruslah berdasarkan ketentuan perundingan bersama. Jika argumen, pendapat, dan usulan tidak bisa diterima oleh peserta dalam sebuah forum, maka seseorang yang memberikan ulasan tersebut harus bisa menerima dengan lapang dada.

(Video) APA ITU ETIKA ETIKET DAN MORAL | PERBEDAAN ETIKA ETIKET DAN MORAL | Mata Kuliah Keperawatan

11. Contoh etika

Apa itu Etika: Pengertian, Jenis, Fungsi & Contohnya (12)

Dalam kehidupan sehari-hari, nilai dan norma harus dilakukan secara terus-menerus. Perilaku ini tidak hanya dipakai di lingkungan sekolah, tapi juga di lingkungan rumah. Berdasarkan pengembangannya, contoh etika adalah sebagai berikut.

Etika pribadi

Asal dari etika pribadi adalah dari diri seseorang untuk menjadi lebih baik. Contohnya, ada seorang pengusaha sukses yang kaya raya. Ia bisa menjadi orang yang sukses karena tidak lupa akan dirinya sendiri dan Tuhan. Sehingga, ia bisa berusaha dengan maksimal untuk bisa memberikan yang terbaik.

Etika sosial

Etika sosial adalah perilaku yang berhubungan dengan seseorang dan lingkungan sosialnya. Misalnya, seorang pejabat yang dipercaya untuk mengelola keuangan negara. Namun, dirinya melakukan pencucian uang hingga tidak bisa bertanggung jawab kepada pemerintah. Contoh itu bisa merusak nilai sosial yang terdapat dalam masyarakat.

Etika perangai

Etika perangai merupakan suatu kebiasaan atau adat yang tertanam pada masyarakat, daerah tertentu, dan waktu tertentu. Perilaku ini sudah disepakati oleh berbagai lapisan kelompok. Sehingga, bisa menghasilkan penilaian seseorang dalam berperilaku. Contohnya adalah pergaulan anak muda, upacara pernikahan yang dilaksanakan di daerah tertentu, busana adat daerah, dan upacara adat.

Etika moral

Contoh yang satu ini bisa menjelaskan mengenai baik dan buruknya perilaku manusia berdasarkan kodrat. Apabila dilanggar, maka akan menimbulkan dampak buruk seperti kejahatan. Kebiasaan ini memiliki kaitan dengan moral manusia. Contohnya adalah menghormati orang yang lebih tua, berkata jujur, menyantuni anak yatim, membela keadilan dan kebenaran, serta menghargai perbedaan pendapat.

12. Perbedaan etika dan etiket

Apa itu Etika: Pengertian, Jenis, Fungsi & Contohnya (13)

Dikutip dari buku Etika dan Filsafat Komunikasi, terdapat beberapa poin penting yang berkaitan dengan perilaku manusia. Etiket adalah perbuatan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok dengan cara menunjukkan dan memberikan langkah yang tepat untuk bisa bertindak. Lain halnya dengan etika yang berhubungan dengan suatu perbuatan yang bisa dilakukan atau tidak.

Inti dari etika adalah sebuah kepedulian terhadap orang lain selain diri kita sendiri dan sejatinya dibutuhkan dalam bersosialisasi. Alasannya, nilai ini bisa menjadi penghubung supaya tercipta suatu kondisi yang diinginkan dalam kehidupan masyarakat luas. Oleh karena itu, tanamkan hal ini dalam diri dengan baik supaya hubungan antarsesama menjadi baik juga.

(Video) Pengertian Etika Profesi, Tujuan, fungsi Serta Contoh

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet?Aplikasi Supersolusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinyadi sinisekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewatAplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsungrestokisitokomudi siniaja!

FAQs

Jelaskan apa yang dimaksud dengan etika dan berikan contohnya? ›

Etika adalah konsep tindakan atau perilaku manusia, tentang baik dan buruk. Ada tiga macam etika yaitu deskriptif, normatif, dan metaetika. Berikut penjelasan dan contoh etika dalam kehidupan. Etika berkaitan dengan norma, kesopanan, dan tingkah laku.

Apa fungsi dari etika? ›

Fungsi etika adalah sebagai tempat mendapatkan orientasi kritis yang berhadapan dengan beragam kedaan moralitas yang membingungkan. Selain itu, etika juga berfungsi menunjukan adanya keterampilan intelektual. Keterampilan intelektual adalah sebuah keterampilan untuk berargumentasi dengan rasional dan kritis.

Apa saja contoh etika? ›

Contoh Etika
  • #1 Senantiasa menjaga kerukunan antar sesama manusia. ...
  • #2 Menunjukkan sikap hormat terhadap orang lain baik dalam pembawaan diri, berbicara, dan bersikap. ...
  • #3 Menunjukkan sikap kemurahan hati terhadap siapa saja. ...
  • #4 Senantiasa berperilaku yang baik dan selalu mencipta kebaikan di tengah lingkungan masyarakat.
Oct 10, 2021

Apa itu etika teologis? ›

1. Etika Teologis. Etika teologis adalah jenis etika yang berhubungan dengan agama juga kepercayaan suatu individu, tanpa adanya batasan pada suatu agama tertentu.

Apa yang dimaksud dengan etika? ›

etika berasal dari kata 'etikhos' bahasa Yunani yang memiliki secara umum menjadi salah satu cabang filsafat yang mempelajari standar moral manusia di suatu lingkungan tertentu. etika berstandar relatif karena ia berikatan dengan ruang dan waktu serta konteks dimana ia berada.

Apa yg dimaksud dengan etika secara umum? ›

Secara umum, pengertian etika adalah norma, aturan, kaidah, ataupun tata cara yang digunakan sebagai suatu asas atau dasar seseorang dalam melakukan suatu kegiatan.

Apa fungsi dan manfaat belajar etika? ›

Jadi manfaat mempelajari etika adalah, menciptakan standar diri yang baik di mata masyarakat, mengetahui tingkat kualitas yang baik dan dapat membedakan prilaku di masyarakat. bermasyarakat. Etika normatif ini berusaha mencari ukuran umum bagi baik dan buruknya tingkah laku.

Apa fungsi etika moral? ›

Manfaatnya: 1.Untuk mendapatkan konsep yang sama mengenai penilaian baik dan buruknya perilaku atau tindakan manusia dalam ruang dan waktu tertentu. 2.Mengarahkan perkembangan masyarakat menuju suasana yang harmonis, tertib, teratur, damai dan sejahtera.

Fungsi dari etika dan apa bedanya dengan etiket? ›

Etika bersifat mutlak dan berasal dari hati nurani. Orang dengan Etika yang baik akan selalu memiliki niat yang baik dalam berperilaku. Etiket merupakan tata cara pergaulan yang baik antar sesama manusia dan bersifat relatif. Etiket adalah cara Anda berhubungan dengan orang disekitar Anda.

Apa saja contoh penerapan etika dalam kehidupan sehari-hari? ›

Yang termasuk dalam etika, yakni :
  • Jujur, tidak menipu, belas kasih terhadap sesama.
  • Berperilaku baik dengan menjauhi perbuatan yang salah.
  • Rukun.
  • Sabar.
  • Tidak egois atau mementingkan diri sendiri.
  • Gotong royong.
Mar 9, 2020

Apa saja yang termasuk etika dalam masyarakat? ›

Etika dalam Bermasyarakat
  • mewujudkan pola hidup sederhana;
  • memberikan pelayanan dengan empati, hormat, dan santun tanpa pamrih dan tanpa unsur pemaksaan;
  • memberikan pelayanan secara cepat, tepat, terbuka, dan adil serta tidak diskriminatif;
  • tanggap terhadap keadaan lingkunga masyarakat;

Apa perbedaan etika filosofis dan etika teologis? ›

Hasilnya adalah etika filosofis dijadikan lapisan bawah yang bersifat umum, sedangkan etika teologis dijadikan lapisan atas yang bersifat khusus. Jawaban ini diberikan oleh F.E.D. Schleiermacher (1768-1834) yang mengasumsikan etika teologis dan etika filosofis sebagai gejala-gejala yang sejajar.

Apa inti pokok dari etika teologis? ›

Etika teleologi mengukur baik dan buruknya suatu tindakan berdasarkan tujuan yang ingin dicapai dengan tindakan itu atau berdasarkan akibat yang ditimbulkan oleh tindakan itu. Artinya, teleologi bisa diartikan sebagai pertimbangan moral akan baik buruknya suatu tindakan yang dilakukan.

Apa perbedaan antara etika teleologis dan etika etika deontologis? ›

Teori deontologi menilai baik buruknya satu perbuatan berdasarkan tanggungjawab atau kewajiban, sedangkan teleologi menilainya berdasarkan maksud dan tujuannya.

Brainly Apa yang dimaksud dengan etika? ›

Jawaban: Etika adalah suatu norma atau aturan yang dipakai sebagai pedoman dalam berperilaku di masyarakat bagi seseorang terkait dengan sifat baik dan buruk.

Apa itu etika Menurut Para Ahli? ›

Pengertian Etika Menurut Para Ahli

Pengertian etika adalah nilai-nila dan norma-norma moral, yang jadi pegangan seseorang atau suatu kelompok untuk mengatur perilaku. W. J. S. Poerwadarminto berpendapat, pengertian etika adalah ilmu pengetahuan tentang asas-asas akhlak atau moral.

Apa yang dimaksud dengan etika dan kode etik? ›

Kode etik berasal dari dua kata yaitu Kode dan Etik. Kode artinya tanda yang disetujui dengan maksud tertentu. Sementara Etik itu berasal dari bahasa yunani yaitu "ethos" yang memiliki arti watak, adab, cara hidup. Kode etik memiliki maksud yang kurang lebih sama dalam setiap profesi.

Apa yang dimaksud dengan etika dalam filsafat? ›

Etika adalah cabang dari filsafat yang membicarakan tentang nilai baik- buruk. Etika disebut juga Filsafat Moral. Etika membicarakan tentang pertimbangan- pertimbangan tentang tindakan-tindakan baik buruk, susila tidak susila dalam hubungan antar manusia.

Etika adalah tingkah laku perbuatan manusia dipandang dari segi baik dan buruk sejauh yang dapat ditentukan oleh akal definisi etika tersebut dikemukakan oleh? ›

Sedangkan menurut Poerwadarminto, etika adalah ilmu pengetahuan tentang suatu perilaku atau perbuatan manusia yang dilihat dari sisi baik dan buruknya yang sejauh mana dapat ditentukan oleh akal manusia.

Apa tujuan dan manfaat mengetahui nilai nilai etika dan moral? ›

Dapat membantu suatu pendirian dalam beragam pandangan dan moral. Dapat membantu membedakan mana yang tidak boleh dirubah dan mana yang boleh dirubah. Dapat membantu seseorang mampu menentukan pendapat. Dapat menjembatani semua dimensi atau nilai-nilai.

Apa fungsi dan manfaat kode etik bagi suatu profesi? ›

Fungsi-fungsi dari etika profesi adalah: Sebagai panduan bagi semua karyawan pada prinsip-prinsip profesional. Sebagai sarana kontrol sosial bagi masyarakat umum untuk suatu profesi tertentu. Sebagai cara untuk mencegah intervensi dari pihak lain di luar organisasi, mengenai hubungan pekerjaan.

Apa hubungan antara etika dan moral? ›

Antara etika dan moral mempunyai hubungan yang sangat erat, karena antara etika dan moral memiliki obyek yang sama yaitu sama-sama membahas tentang perbuatan manusia untuk menentukan baik atau buruk dari suatu perbuatan.

Apa yang membedakan antara etika dan moral? ›

Moral bersifat lebih individual, sedangkan etika berlaku dalam kelompok sosial. Selain itu, moral lebih dipengaruhi tempat seseorang tumbuh, misalnya keluarga, dan bisa berubah seiring berjalannya waktu.

Apa yang dimaksud dengan etika dan moral? ›

Etika dapat diartikan sebagai aturan perilaku yang diakui berkaitan dengan kelas tertentu dari tindakan manusia, atau kelompok, maupun budaya tertentu yang ada di masyarakat. Sementara itu, moral lebih dipahami sebagai suatu prinsip atau kebiasaan yang berhubungan dengan perilaku benar atau salah.

Apa perbedaan etika dan etiket kaitkan dengan Pancasila? ›

Etiket bersifat relatif. Mungkin bisa dianggap tidak sopan salah satu kebudayaan, tapi dianggap sopan di kebudayaan lain. Pancasila sebagai sistem etika adalah cabang filsafat yang dijabarkan dari sila-sila Pancasila untuk mengatur perilaku kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di Indonesia.

Bagaimana penerapan etika dalam kehidupan bermasyarakat? ›

Kunci yang utama dalam penerapan etika yaitu dengan cara memperlihatkan sikap sopan santun tehadap orang lain, sikap hormat kepada siapapun ataupun kepada orang yang lebih tua, Dengan penerapan etika ini dimana harus mematuhi peraturan atau tata krama yang berlaku pada lingkungan tempat tinggal kita.

Bagaimana penerapan etika dalam kehidupan sehari-hari khususnya sebagai seorang mahasiswa? ›

Berikut etika baik yang sudah seharusnya diterapkan mahasiswa dalam lingkungan kampus ; Berpakaian rapi dan sopan. Melakukan peraturan yang berlaku. Member contoh yang baik dalam berperilaku.

Apa yang dimaksud dengan etika dalam keluarga? ›

Etika dalam keluarga adalah sesuatu yang sangat mendasari kehidupan individu dalam bermasyarakat, karena semua baik- buruk perilaku manusia pada dasarnya tercipta pada lingkungan keluarga karena seorang individu lahir dan menjalani kehidupan pertama-tama dalam lingkungan keluarga tersebut.

Bagaimana cara membangun etika dalam keluarga? ›

Cara mengajarkan etika pada anak
  1. Jadikan diri Anda sebagai contoh yang baik bagi anak. ...
  2. 2. Berikan tugas atau tanggung jawab kepada anak. ...
  3. 3. Tingkatkan kepercayaan diri anak. ...
  4. Meningkatkan rasa empati anak. ...
  5. Bersikap responsif dalam menyelesaikan masalah. ...
  6. 6. Jangan memarahi anak.
Mar 24, 2022

Apa yang dimaksud dengan etika dalam filsafat? ›

Etika adalah cabang dari filsafat yang membicarakan tentang nilai baik- buruk. Etika disebut juga Filsafat Moral. Etika membicarakan tentang pertimbangan- pertimbangan tentang tindakan-tindakan baik buruk, susila tidak susila dalam hubungan antar manusia.

Apa itu etika Menurut Para Ahli? ›

Pengertian Etika Menurut Para Ahli

Pengertian etika adalah nilai-nila dan norma-norma moral, yang jadi pegangan seseorang atau suatu kelompok untuk mengatur perilaku. W. J. S. Poerwadarminto berpendapat, pengertian etika adalah ilmu pengetahuan tentang asas-asas akhlak atau moral.

Videos

1. Pengertian Etika Profesi, Tujuan, fungsi Serta Contoh
(STEKOM SITI KHOLIFAH)
2. APA ITU MEDIA SOSIAL? PENGERTIAN, JENIS & CONTOHNYA | ANSHAR AKIL
(Anshar Akil Channel)
3. Pengertian Etika & Teori Etika
(Dosen Inn)
4. Pengertian ETIKA PROFESI beserta contoh
(wanda anggreninst)
5. Ini Dia! Pengertian, Jenis dan Fungsi Norma
(GridKids)
6. Pengertian dan Penjelasan tentang Manusia, Nilai, Moral, dan Hukum | materi ISBD
(Ani Sri Rahayu)

Top Articles

Latest Posts

Article information

Author: Patricia Veum II

Last Updated: 01/19/2023

Views: 5233

Rating: 4.3 / 5 (44 voted)

Reviews: 83% of readers found this page helpful

Author information

Name: Patricia Veum II

Birthday: 1994-12-16

Address: 2064 Little Summit, Goldieton, MS 97651-0862

Phone: +6873952696715

Job: Principal Officer

Hobby: Rafting, Cabaret, Candle making, Jigsaw puzzles, Inline skating, Magic, Graffiti

Introduction: My name is Patricia Veum II, I am a vast, combative, smiling, famous, inexpensive, zealous, sparkling person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.